997 Peserta Wisata Nusantara Bersatu Ikuti Upacara HUT ke-72 TNI

0

Koranjurnal.co.id, Cilegon – 997 orang peserta Wisata Nusantara Bersatu yang terdiri dari 730 siswa dari keluarga asuh prajurit TNI dan 267 siswa  berprestasi dari  SMP dan mahasiswa seluruh Indonesia mengikuti secara langsung upacara Peringatan HUT ke-72 TNI yang dipusatkan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon Banten, Jawa Barat, Kamis (05/10/2017). 

Dengan menggunakan Kapal KRI Tanjung Nusanive dari Dermaga Tanjung Priok Jakarta, para peserta Wisata Nusantara Bersatu yang mengenakan ikat kepala merah putih tiba di Pelabuhan Merak Banten dan langsung menuju lokasi acara puncak peringatan HUT ke-72 TNI. 

Terpancar semangat dan keceriaan dari para peserta mengikuti kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ini dan ingin segera menyaksikan upacara parade dan defile serta berbagai ketangkasan dan atraksi yang disuguhkan oleh prajurit-prajurit TNI dari ketiga Matra TNI.

Inilah kali pertama mereka menyaksikan secara langsung gelaran HUT TNI. Begitu pula antusias masyarakat di Kota Cilegon, Serang dan sekitarnya. Puluhan ribu masyarakat sejak pukul 02.00 WIB dini hari berbondong-bondong menuju Dermaga Indah Kiat untuk menyaksikan aksi-aksi terlatih dan profesional yang ditunjukkan para prajurit TNI serta melihat berbagai jenis Alutsista modern yang dimiliki TNI dan berkesempatan naik di atas Tank Leopard TNI AD pada sesi acara parade dan defile yang melintasi mimbar podium.

Peserta Wisata Nusantara Bersatu dengan prajurit TNI bersama sama naik tank Leopard melintasi depan podium acara yang disaksikan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta ribuan masyarakat. Foto: Ist/disp.

Sementara itu Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Widagdo usai pelaksanaan Upacara HUT ke-72 TNI mengatakan bahwa seluruh peserta Wisata Nusantara Bersatu terdiri dari para siswa dari keluarga asuh prajurit TNI pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan siswa berprestasi di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengenalkan para siswa tentang tugas TNI menjaga kedaulatan NKRI sekaligus menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

“Mereka adalah para siswa berprestasi yang terdiri dari mahasiswa  dan siswa SMP dari seluruh Indonesia. Tujuannya diadakan Wisata Nusantara Bersatu ini adalah untuk mempersatukan berbagai keragaman budaya dan memberikan pengalaman dan kebanggaan kepada mereka. Mereka sangat senang mengikuti kegiatan ini terlebih dapat menyaksikan langsung perayaan HUT ke -72 TNI ini,” ujar Aster Kasad.

Setelah menyaksikan puncak acara HUT ke-72 TNI, para peserta Wisata Nusantara Bersatu kembali ke Jakarta menggunakan Kapal KRI Tanjung Nusanive untuk selanjutnya kembali ke daerah masing-masing.‎

Pewarta : Anton