Marinir Fair Akan Meriahkan HUT Ke-72 Korps ‎Baret Ungu‎ ‎TNI AL

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Korps Marinir akan menggelar berbagai kegiatan dan acara dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Korps Baret Ungu TNI Angkatan Laut, salah satunya adalah ‘Marinir Fair’. Bertindak sebagai Ketua Panitia HUT Korps Marinir ke-72 adalah Komandan Pasmar-2 Brigadir Jenderal TNl (Mar) Nur Alamsyah. 

“‘Marinir Fair’ digelar di Lapangan Apel Brigade Infantri -2 Marinir ‎yang akan dibuka 16 Nopember 2017 sore dan ditutup 19 Nopember 2017 malam‎,” kata Kolonel TNI (Mar) Oni Junianto, Ketua Bidang Pelaksana Upacara Peringatan HUT ke-72 Korps Marinir dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Rekreasi Yonif-6 Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (01/11/2017)‎.



Dalam keterangan press kit rangkaian kegiatan dan acara yang dibagikan dan disampaikan kepada rekan-rekan wartawan, Kolonel TNI (Mar) Oni Junianto menyampaikan, Hari Ulang Tahun Korps Marinir ke-72 tahun 2017 di bawah kepemimpinan ‎Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) mengambil tema “Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional”. 

Lebih lanjut, ‎Kolonel TNI (Mar) Oni Junianto menjelaskan, ‎’Marinir Fair’ akan menyuguhkan Pameran Alutsista Marinir dari masa ke masa, Produk Ekonomi Kreatif Masyarakat, Bazar Barang dan Kuliner, Paint Ball, Outbond, Terjun Payung, Parade Kendaraan Tempur Amphibi, Demo Taktis Serangan Marinir, Demo Beladiri Pencak Silat, Tarian Tradisional, Military Game. 

Dalam “Marinir Fair’ tersebut juga akan dimeriahkan dengan pentas band Prajurit Marinir seperti Badikustik,Gung-ho, Trio Marine dan Dinasty band. Selesai ‎pembukaan ‘Marinir Fair’ 16 Nopember 2017, pada malam harinya dilanjutkan dengan “Peluncuran Buku Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL”. 

Kemudian, tambah Kolonel TNI (Mar) Oni Junianto,‎ pada 19 Nopember 2017 Marinir Fair akan diwarnai dengan “Kegiatan dan Panggung Marine Day”, dan malam penutupan disemarakkan dengan pesta kembang api serta ‎penampilan T-Koes band (tribute Koes Plus). ‎

Selain itu dijelaskan pula, dalam menyambut perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Marinir ke-72, tanggal 14 Nopember 2017 seluruh jajaran Korps Marinir akan melaksanakan istighosah di Masjid Al-Ikhlas Cilandak Brigif-2 Marinir Cilandak Jakarta Selatan Korps Marinir. 

Dan keesokan harinya pada 15 Nopember 2017, Korps Marinir melaksanakan Upacara Militer dan Defile yang akan digelar di Lapangan Upacara Brigif-2 Marinir Cilandak Jakarta Selatan. Rencananya KSAL (Kepala Staf TNI Angkatan Laut) Laksamana TNI Ade Supandi S.E, M.A.P ‎akan memimpin pelaksanaan upacara HUT ke-72 Korps Marinir.

Masih dalam rangkaian kegiatan dan acara Peringatan HUT ke-72, Korps Marinir juga akan mengadakan Lomba Menembak Marinir Cup di Jakarta yang akan digelar pada 1-3 Desember 2017 di Lapangan Tembak Jusman Puger Brigif-2 Marinir Cilandak. Sedangkan Lomba Menembak Marinir Cup di Surabaya diadakan 11-12 Nopember 2017 bertempat di Lapangan Tembak Fx. Soepramono Karangpilang Surabaya. Untuk di Lampung, Lomba Menembak Marinir Cup dilaksanakan pada 2-3 Desember 2017 di Lapangan Tembak Brigif-3 Mar. Lomba Menembak ini diikuti oleh anggota TNI, Polri dan Umum. 

Bukan hanya di Jakarta, perayaan peringatan HUT ke-72 Korps Marinir juga dilaksanakan di Markas Marinir di daerah-daerah, seperti halnya Brigif-3 Marinir di Piabung Lampung yang akan menyelenggarakan ” MARINES FUN OFF ROAD & TRAIL ADVENTURE” pada tanggal 2-3 Nopember 2017. Sementara itu, di Puslapur Purboyo Jawa Timur pada tanggal 8-10 Desember 2017 menggelar Circuit Extrem, Circuit Fun Offroad Umum, Circuit Fun omar! TNI POLRI serta Trail Adventure. 

Korps Marinir juga akan melaksanakan kegiatan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan antara lain ke TMP Cirebon (7/11/17) , TMP Tegal (7/11/17). TMP Pemalang (7/11/17), TMP Kalibata dan TMP Ciledug (14/11/17),TMP Surabaya (14/11/17), TMP Manado (14/11/17) juga digelar sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan dan pendahulu kita. Dan satuan Marinir yang tersebar di seluruh lndonesia juga melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di tempat satuan masing-masing. ‎

Pewarta : Anton