KRI Kelabang-826 Kawal Kepulangan 39 Nelayan Aceh

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – KRI Kelabang-826 salah satu unsur jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) mengawal kepulangan 39 nelayan asal Banda Aceh dan kapal KM. Saudara Bahagia GT 120 yang ditangkap oleh Angkatan Laut India di perairan Andaman Nicobar India, Kamis (02/11/2017). Saat ini KM. Saudara Bahagia sandar di dermaga Pangkalan TNI AL Sabang.
 
Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie, S.E., menjelaskan bahwa para nelayan yang berangkat dari Lampulo, Banda Aceh, ini berhasil dipulangkan setelah dilakukan diplomasi dengan Angkatan Laut India. Diplomasi tersebut dilakukan oleh KRI Imam Bonjol-383 yang pada saat itu sedang melaksanakan latihan bersama patroli terkoordinasi India-Indonesia (Latma Patkor Indindo) dengan Angkatan Laut India.
 
Lebih lanjut Komandan Lanal Sabang menerangkan proses pemulangan ke 39 nelayan bersama kapal KM. Saudara Bahagia, saat memasuki perairan Indonesia kapal nelayan tersebut disambut dan selanjutnya dikawal KRI Kelabang-826 yang pada saat itu sedang menggelar operasi patroli laut di ZEE Indonesia.
 
Seperti yang diketahui, pada tanggal 30 Oktober lalu kapal KM. Saudara Bahagia GT 120 pada saat melaut mengalami gangguan pada mesin yang mengakibatkan kapal hanyut hingga masuk ke wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) India, sehingga mereka diamankan oleh kapal Angkatan Laut India (India Khan).
 
Kedatangan KRI Kelabang-826 dengan komandan oleh Mayor Laut (P) Aris Pratikto bersama KM. Saudara Bahagia dengan beserta 39 ABK di Sabang  disambut langsung oleh Palaksa Lanal Sabang, Mayor Laut (PM) Ahmad Azahari, S.H., M.H., beserta prajurit Lanal Sabang. Selanjutnya seluruh ABK KM. Saudara Bahagia diperiksa kesehatanya oleh tim medis Lanal Sabang.
 
Saat ini kapal KM. Saudara Bahagia sandar di dermaga pangkalan TNI AL Sabang sambil menunggu dokumen kapal ikan tersebut yang sedang dibawa oleh KRI Imam Bonjol-383 dari Nicobar Andaman, India.

Pewarta : Anton/disp.