TNI AD dan AMPI ‎Selenggarakan Lomba Generasi Milenia Bertema Nasionalisme

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – ‎Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, TNI Angkatan Darat bersama Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mengadakan kerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan lomba yang mengajak generasi muda untuk semakin mencintai Tanah Air dan Pahlawan Indonesia

“Kami dari Angkatan Darat bersama rekan-rekan dari AMPI mengadakan kerjasama yakni semacam kegiatan lomba generasi muda yaitu untuk generasi Melenia. Tujuan kegiatan lomba ini juga sebagai bagian dari salah satu misi TNI Angkatan Darat yaitu adalah Bersama Rakyat TNI Kuat,” jelas Mayjen TNI Widagdo Hendro Sukoco, Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dalam keterangan pers yang disampaikan kepada rekan wartawan di Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta (10/11/2017).

Aster KSAD mengatakan, kegiatan lomba untuk generasi muda yang pertama kali diadakan bersama AMPI bertujuan mencari masukan dari anak-anak muda/generasi muda tentang TNI Angkatan Darat.

“Inti dari kerjasama ini adalah TNI AD ingin mencari masukan dari anak-anak muda/generasi muda, tentang bagaimana masukan mereka tentang TNI Angkatan Darat dan bagaimana tanggapan mereka selama ini serta harapannya apa kepada TNI AD,” ujar Aster KSAD. 

Penyelenggaraan kegiatan lomba tersebut, TNI AD dan AMPI akan memperlombakan beberapa hasil karya anak-anak muda Melenia sekarang yang dalam aktivitasnya sehari-hari menggunakan aplikasi media sosial.

“Ada tiga kegiatan, yakni membuat Vlog (film singkat) terkait dengan Hari pahlawan. Dan diharapkan seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda membuat Vlog masing-masing dengan durasi 1 (satu) menit. Bagaimana mereka memberikan semangat kepada TNI, memberikan masukan dan itu akan dilombakan dan diberi hadiah, dan juga membuat komik satu halaman terkait Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan, dan membuat Game Online yang menggunakan tokoh nasional yakni Gatot Kaca,” papar Aster KSAD,  Mayjen TNI Widagdo Hendro Sukoco.

“Anak-anak bermain game, tapi ini kita salurkan ‎dengan tokoh nasional dan ini sudah kita publikasikan sejak Oktober lalu dan peminatnya alhamdulilah cukup banyak. Memang kan dunia anak-anak sekarang kan tidak lepas dari itu,” tambahnya.

Aster KSAD berharap dengan kegiatan lomba tersebut, TNI AD mendapatkan masukan-masukan yang berguna. Selain itu, juga ingin agar generasi muda, ‎rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air ‎selalu tetap melekat di hati mereka. “Harapannya TNI Angkatan Darat mendapatkan masukan dari generasi muda, sehingga kedepan TNI AD dengan anak-anak muda yang juga merupakan bagian dari rakyat, semakin erat dan masukan-masukannya dapat berguna bagi TNI Angkatan Darat,” harapnya.

“Jadi harapannya dengan AMPI ini, mengajak anak-anak muda makin menjiwai negaranya, makin mencintai tanah airnya,” ujar Aster KSAD menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPP AMPI Dito Ariotedjo mengatakan, bersyukur atas kerjasama dengan TNI AD dalam penyelenggaraan kegiatan lomba ini. “Kami bersyukur dengan kerjasama dengan TNI AD melalui bapak Aster KSAD,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dito menuturkan, lomba tersebut akan disediakan hadiah dengan total puluhan juta rupiah. “Lomba ini akan ada hadiah berupa uang tunai, dan juga ada tambahan doorprize dengan total hadiah puluhan juta (rupiah),” kata Dito.

Untuk tim penilaian hasil karya lomba tersebut, lanjut Dito, nanti tim penjuriannya adalah dari kalangan profesional dan Dinas Penerangan ‎Angkatan Darat.

Lomba akan mulai dipromosikan kembali pada hari Senin (13/11) mendatang melalui media sosial digital dan online. Dari informasi yang diterima rekan wartawan, batas waktu pengiriman karya (lomba) akan diperpanjang hingga 25 November 2017.

Ayo..! ikuti lomba bersama generasi-generasi Milinia dan cetak karya dan kreasimu untuk Cinta Tanah Air dan Pahlawan kita. Kunjungi informasi selanjutnya melalui hastag: #milenialnasionalism .

Pewarta : Anton