Keluar Jadi Juara Umum AARM Ke-27, Tim Kontingen Petembak TNI AD Bawa Pulang Sejumlah Medali dan Trophy ke Tanah Air

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – ‎Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) Brigjen TNI Richard Tampubolon menyambut kedatangan tim kontingen petembak TNI Angkatan Darat peraih Juara Umum pada ajang kejuaraan ‎lomba tembak The Asean Armies Rifle Meet (AARM) ke-27 Singapura di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jum’at (24/11/2017).



Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal (Mayjend) Madsuni dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wadanjen Kopassus ‎Brigjen TNI Richard Tampubolon menyampaikan bahwa, tim petembak TNI AD yang berlaga pada lomba tembak antar Angkatan Darat negara ASEAN‎ yang bernama The ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) yang digelar sejak ‎14 November hingga 23 November 2017 di Singapura, hari ini (24/11) telah kembali ke tanah air dengan membawa 9 (sembilan) trophy‎ dari 15 trophy yang diperebutkan dan meraih 31 medali emas, 10 medali perak, 10 perunggu dari total 45 medali yang diperebutkan.‎

“Perolehan trophy dan medali ini adalah prestasi terbaik dari prestasi kontingen ‎TNI Angkatan Darat pada lomba tembak AARM yang pernah ada sejak tahun 1991,” jelas Danjen Kopassus.

Keberhasilan tim petembak TNI AD yang keluar sebagai Juara Umum dalam kejuaraan Lomba Tembak AARM ke-27 yang digelar di Singapura selama sepuluh hari ‎ini telah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

“Pada hari ke empat, kita sudah bisa memastikan Indonesia meraih peringkat pertama dan keluar sebagai Juara Umum. Urutan kedua diraih oleh Thailand ‎dengan 3 trophy, 7 emas, 12 perak dan 6 perunggu. Dan urutan ketiga, Filipina dengan 1 trophy, 3 emas, 8 perak, dan 7 perunggu,” terang Danjen Kopassus.‎

Hasil prestasi ini, lanjut Wadanjen Kopassus, adalah manifestasi dari kerja keras kontingen TNI AD dan doa kita bersama. Sehingga mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.‎

“Oleh sebab itu, saya selaku Danjen Kopassus ‎atas nama keluarga besar TNI Angkatan Darat mengucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai. Prestasi ini hendaknya tidak menjadikan kita lengah dan sombong. Karena yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan prestasi itu dengan sebaik-baiknya di tahun-tahun yang akan datang,” kata Danjen Kopassus.

Danjen Kopassus dalam amanatnya juga menyampaikan bahwa prestasi yang telah diperoleh dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Untuk itu tingkatkan terus kemampuan kalian, karena mempertahankan sebagai Juara akan lebih sulit daripada memperolehnya. Bagi yang belum mencapai prestasi maksimal saat ini, jangan patah semangat. Tingkatkan terus semangat dalam ‎berlatih. Berikan pengalaman-pengalaman kepada kader-kader atlet petembak lainnya untuk menyiapkan bibit-bibit atlet terbaik guna menyongsong lomba menembak pada event yang lebih besar di masa yang akan datang,” jelas Danjen Kopassus dalam amanatnya.

Pada lomba tembak AARM ke-27 tahun 2017 di Singapura ini, pihak penyelenggara   mempertandingkan lima materi yaitu Senapan, Karaben, Pistol putra dan putri serta Senapan Otomatis (Machine Gun).‎

Kontingen Indonesia mengirimkan 62 personel terdiri atas 37 petembak, 21 Official , dua observer, serta dua asisten teknis dari PT Pindad.

Jumlah petembak 37 orang  dengan Komandan Kontingen Mayor Inf Nur Wahyudi terdiri dari Kopassus (23 orang). Kostrad (enam orang), Kodam lI/Sriwijaya (dua orang). Kodam V/Brawijaya (dua orang), Kodam Vl/Mulawarman (satu orang), Kodam XIV/Hasanudin (satu orang). Kodam XVI/Pattimura (satu orang dan Pusdikku Kodiklat TNI AD (satu orang).



Adapun sembilan trophy yang disebutkan diatas yakni antara lain yang diraih dan didapat dari materi senapan sebanyak dua trophy, Karaben dua trophy, Pistol Putra dua trophy, Senapan Otomatis dua trophy (Champion Individual dan overall tim) dan pistol putri, satu trophy (Champion Individual).

‎Enam peraih Champion Individual yaitu Lettu Inf Safn’n Sihombing materi Pistol Putra (Kopassus), Praka Zulkarnaen Amirullah materi Karaben (Kodam ll/Sriwijaya) Sertu Woli Hamzan materi Senapan (Kodam XVI/Pattimura) Sertu Carlelis Manusama materi Pistol Putri (Kodam XVI/Pattimura), Serka Priyanta dan Sertu Hari Mulyono materi Senapan Otomatis/Machine Gun (Kopassus).‎

‎Rombongan tim petembak TNI AD AARM ke-27 tahun 2017 kembali ke tanah air dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara dan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma pukul 16.00 WIB.

Sementara PT Pindad yang memproduksi senjata bagi para petembak untuk berlomba pada ajang AARM ini akan terus memberikan dukungannya dan menyempurnakan senjata bagi para atlet tembak TNI AD maupun senjata standar Angkatan Darat.

Pewarta : Anton‎