Lantamal III Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Nusantara

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2017 di Mako Lantamal III, Gunung Sahari,  Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Aspers Danlantamal III Letkol Laut (S) Binsar M. Sirait, SE, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Selaku Ketua Pengarah pada puncak peringatan Hari Nusantara 2017 di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat dengan tema “Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan setiap tanggal 13 Desember  untuk memperingati Deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya sebagai tonggak penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan diantara pulau yang satu dengan yang  tidak lagi terdapat laut internasional,  sehingga laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa.

Upacara Peringatan Hari Nusantara dengan Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Kasman Yori, SH, MM diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Deklarasi Juanda serta diakhiri dengan Pembacaan Doa.

Hadir pada upacara tersebut para Kadis/Kasatker dan Pamen Lantamal III  dengan peserta upacara terdiri dari  Satsik, Pleton Pama, Pomal, Yonmarhanlan,  gabungan Bintara dan Tamtama serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Lantamal III Jakarta.

Pewarta : Anton/Disp.