Karya Bhakti TNI Berlanjut, Kali Ini Kodim 0506/Tgr Bikin Tanggul Penahan Air Robb di Pemukiman Warga Kp.Baru Dadap

0

Koranjurnal.co.id, Tangerang – Sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004 bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) disamping Operasi Militer Perang (OMP).

Salah satu tugas OMSP yang saat ini dilaksanakan oleh Kodim 0506/Tangerang sebagai Satuan Teritorial dibawah jajaran Kodam Jaya kali ini adalah Karya Bhakti di Kp.Baru Dadap, Kab. Tangerang.

Dalam pers rilis Kapendam Jaya yang diterima redaksi di Jakarta, Selasa (26/12/2017) disebutkan bahwa selama kurun waktu 2017 Karya Bhakti yang dilaksanakan Kodim 0506/Tangerang dalam membantu Pemerintah Daerah Kab.Tangerang diantaranya Program Normalisasi Kali Sabi di Kec.Curug. Normalisasi Sungai Kurus di wilayah Kec. Teluk Naga dan Pembangunan Turap Situ Cilongok di wilayah Kec. Pasar Kemis – Pembuatan Turap Situ Gelam di wilayah Kec. Pasar Kemis.

Lebih dari itu, saat ini Program Karya Bakti Kodim 0506/Tangerang yang sedang dilaksanakan adalah pembuatan tanggul penahan air robb di wilayah Kec. Kosambi tepatnya di Kp. Baru Dadap.

Demi kelancaran pelaksanaan Karya Bhakti tersebut, Kodim 0506/Tangerang menerjunkan anggota Koramil dalam pelaksanaan Karya Bhakti. Karya Bhakti, kali ini dipadukan dengan program pembangunan Pemda Kab. Tangerang khususnya pembangunan di wilayah melalui penentuan prioritas sasaran Karya Bhakti TNI yang di dasarkan atas koordinasi Kodim 0506/Tgr dengan Pemda Kab. Tangerang serta instansi terkait.

Dengan dukungan berbagai pihak, pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti TNI di wilayah Kodim 0506/Tgr dapat dilaksanakan secara maksimal yang tentunya melalui koordinasi lintas sektoral yang tentu sangat dibutuhkan untuk perwujudan pembangunan berbagai bidang di tengah masyarakat.

Sesuai dengan prosedur yang ada, upaya penataan Kp. Baru Dadap sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi pada Maret 2017, team ahli dari UGM (Universitas Gajah Mada) pimpinan bapak Budi dan Kementerian BPUR dan PU Jakarta yang kerap meninjau Kp.Baru Dadap, sehingga sebagian masyarakat mulai percaya dan mendukung serta menyetujui program Pemda tersebut, dan kemudian dilanjutkan pada 10 Juli 2017 dengan dilaksanakan musyawarah dalam rangka rencana pembangunan Rusunawa Kp. Baru Dadap di Aula Kec. Kosambi Kab. Tangerang.

Tak terhenti dimusyawarah, maka pada Agustus 2017, team ahli dari PU (Pekerjaan Umum) Pusat/Jakarta kembali melaksanakan sosialisasi di aula Kantor Kel. Dadap berkaitan pembangunan tanggul penahan air rob. Kemudian pada 18 Oktober 2017 di lapangan komplek Ruko Marina Kp. Baru Dadap kembali dilaksanakan sosialisasi bagi warga Kp. Baru Dadap terkait kegiatan pengoperasian alat berat untuk pembangunan sheet file. Rangkaian upaya tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman dari masyarakat yang dapat berujung provokasi sehingga dikhawatirkan dapat menghambat Karya Bakti sedang dilaksanakan.

Hal ini membuktikan keseriusan TNI AD, khususnya Kodim 0506/Tangerang yang turut andil dalam membantu pemerintah daerah dalam pembangunan, tentunya ditujukan semata untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Anton/Pen.