Demonstrasi Alutista TNI AL dan Atraksi Prajurit Lantamal II Pukau Masyarakat Kota Padang

0

Koranjurnal.co.id, Padang – Ribuan masyarakat Kota Padang memenuhi Pantai Muaro Lasak untuk menyaksikan Demonstrasi Raid Amfibi dan Sailing Pass TNI Angkatan Laut dalam rangka penutupan Pameran Alutsista TNI Tahun 2018 di Monumen Tugu Merpati Perdamaian, Muaro Lasak, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (07/10/2018).

Acara dimulai dengan olahraga bersama TNI dengan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti renovasi Monumen Tugu Merpati Perdamaian antara Dirut PT. Semen Padang dengan Lantamal II dan menyaksikan demonstrasi TNI AL.

Sebelumnya dilaksanakan kegiatan Pameran Alutsista TNI selama tiga hari mulai 5 hingga 7 Oktober 2018 dengan menampilkan berbagai Alutsita TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang ada di Padang serta turut meramaikan pameran diantaranya dari Kepolisian, BMKG Sumatera Barat, Basarnas serta PT. Telkom.

Menurut Komandan Lantamal II Laksma TNI Agus Sulaeman, M.Sc., hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan Pameran Alutsista TNI, setelah dimulai dari hari Jum’at yang menampilkan berbagai atraksi dari masing-masing Angkatan, dari TNI AU menampilkan atraksi Paramotor, dari TNI AD bela diri Yoong Moo Do dan pada hari ini dari TNI AL menampilkan demonstrasi Penembakan sasaran oleh dua KRI yaitu KRI Kurau dan KRI Kalahitam, kemudian dilanjutkan dengan Raid Amfibi dari Pasukan Yonmarhanlan II dengan skenario pembebasan sandera dan penghancuran sasaran, kemudian berlanjut dengan Parade Sailing Pass yang dilaksanakan oleh dua KRI Satrol Lantamal II, Kapal Polair, Kapal KPLP, Kapal Basarnas dan KAL Sinyaru Lantamal II.

Harapannya masyarakat Kota Padang dapat menyaksikan langsung baik persenjataan yang dimiliki TNI maupun atraksi TNI, sehingga masyarakat mengetahui profesionalisme yang dimiliki oleh TNI, karena sesuai dengan tema HUT Ke-73 TNI yaitu “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat,” imbuh Danlantamal II.

Walikota Padang H. Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Lantamal II, karena dalam rangka HUT TNI ke-73 telah menampilkan Alutsista dan juga Pendaratan Marinir.

“Ini suatu pelajaran yang sangat berharga sekali, tentunya untuk masyarakat generasi muda, acara ini merupakan pengenalan dan sosialisasi tentang kemaritiman tentang laut dan mudah-mudahan ini akan meningkatkan rasa cinta kepada generasi muda terhadap laut,” tambahnya.

Kegiatan dihadiri oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Danrem 032/Wbr, Wadan Lantamal II, Para Asisten Danlantamal II, Dansatrol Lantamal II, Kasatker Lantamal II.(red/Disp)