Jelang Harbolnas Akhir Tahun, Ralali.com Berikan Kemudahan Berbisnis Bagi Pelaku UMKM

0

Koran Jurnal, Jakarta – Menjelang perayaan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada 12 Desember 2018 menjadi kesempatan besar bagi pelaku bisnis e-commerce untuk turut berpartisipasi memberikan penawaran dan promo menarik, salah satunya dari Ralali.com yang menggelar pesta promo untuk barang-barang unggulan produk usaha yang dijual di situs tersebut dalam acara Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Founder dan CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengatakan, kegiatan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas bertema #BisnisituMudah tersebut dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk berbelanja kebutuhan usahanya dengan penawaran harga menarik.

“Hari belanja item grosir nasional (Harbignas) dan Ralali.com sudah berlangsung mulai 11 November hingga 12 Desember mendatang dan didedikasikan sebagai kegiatan promo menarik bagi para pengusaha UMKM untuk berbelanja kebutuhan usaha dan menekankan bahwa memulai bisnis itu mudah,” kata Joseph di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Joseph mengatakan, Ralali.com memiliki fitur unggulan terbarubernama Business Innovation Group (BIG), yang bertujuan untuk mempermudah pencarian barang di dalam marketplace. Pada fitur BIG ini, dikelompokkan produk dan segala kebutuhan berdasarkan usaha yang dijalankan.

Saat ini, terdapat lima kategori BIG, yakni BIG Auto (bisnis bidang otomotif), BIG Home (bisnis bidang kontraktor bangunan, arsitektur, interior, dan material bangunan), BIG Market (bisnis bidang elektronik,MRO Maintenance, Repair & Operation), mode dan kecantikan, BIG Office (dukungan kebutuhan peralatan kantor), dan BIG Resto (bisnis bidang perhotelan, restoran, katering, dan seputar kuliner).

“Berbeda dengan platform e-commerce atau marketplace lainnya yang didominasi seputar jual-beli online C2C (consumer-to-consumer) dan B2C (business-to-consumer), kami sejak awal fokus pada model bisnis B2B (business-to-business), untuk menjembatani transaksi antarperusahaan di Indonesia,” katanya.

Josep mengatakan, target program #Harbignas dan fitur BIG tersebut adalah peningkatan transaksi bisnis kalangan UMKM dan efisiensi berbelanja yang meningkat, sehingga bisnis UMKM menjadi semakin maju pesat.

“Melalui Ralali.com, kami ingin menjadi jembatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau menjalankan bisnisnya dengan sukses, dengan platform yang menyediakan produk berkualitas, serta memudahkan pelaku usaha dalam negeri dan seluruh dunia untuk saling terhubung,” kata Joseph.

Pada kesempatan sama, Rex Marindo, Founder Warunk Upnormal mengatakan, industri kuliner saat ini terus berkembang pesat dengan menjamurnya restoran baru.

Rex mengapresiasi bahwa hal tersebut direspon dengan baik oleh Ralali.com, salah satunya lewat fitur BIG Resto. Rex menuturkan, berada di era globalisasi dan ekonomi digital, para pelaku UMKM dituntut untuk melek teknologi agar dapat bersaing di pasaran.

“Pemanfaatan teknologi digital seperti melalui marketplace online B2B sangat memfasilitasi langkah memulai dan menjalankan bisnis menjadi lebih mudah, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Rex.(ton)