Pangkoopsau I Pimpim Apel Gelar Pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I

0

Koran Jurnal, Padang – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I), Marsda TNI Fadjar Prasetyo, SE., M.P.P memimpin Apel Gelar Pasukan, Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I tahun 2019 yang bertempat di Main Apron Lanud Sutan Sjahrir, Padang Sumatera Barat, Kamis (20/06/2019). Adapun yang bertindak selaku Komandan Apel adalah Danlanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho.

Pada kesempatan tersebut Pangkoopsau I meninjau secara langsung kesiapan seluruh peserta latihan maupun kelengkapan dan alutsista yang dilibatkan pada latihan ini.

Dalam sambutannya, Pangkoopsau I menyampaikan bahwa, latihan ini bertujuan mewujudkan kesiapsiagaan operasional Koopsau I dalam merencanakan dan melaksanakan operasi penanggulangan akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami di wilayah tanggung jawab Koopsau I.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, Koopsau I telah menyusun rencana tindakan kontijensi tahun 2019 dengan rencana operasi “Kampita Sakti-19”, dengan daerah latihan di wilayah provinsi Sumatera Barat.

Latihan yang direncanakan berlangsung selama 2 hari di Lanud Sutan Syahrir, padang ini,melibat ratusan prajurit TNI, Polri, BPBD, Basarda, PMI dan sejumlah instansi pemerintah Provinsi Sumatra Barat lainnya. Selain itu juga dilibatkan sejumlah alutsista TNI AU berupa pesawat C-130 Hercules, pesawat CN-295 dan helikopter Super Puma.

Pada akhir sambutannya Pangkoopsau I menekankan kepada seluruh peserta latihan, agar mengutamakan faktor keselamatan selama latihan berlangsung.

Turut hadir pada apel gelar pasukan ini, Komandan Kodiklat TNI beserta pejabat Utama, sejumlah pejabat Makoopsau I, para pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Sumatera Barat dan sejumlah komponen masyarakat lainnya.(pen/red)