Korps Marinir: Festival Kelagian Piabung Pesawaran 2019 Berlangsung Meriah

0

Koran Jurnal, Lampung – Korps Marinir yang dimotori Brigade Infantri 4 Marinir/BS menggelar sebuah acara festival yang diberi nama Festival Kelagian 2019. Acara tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adj, S.E., M.M. di Lapangan Helipad Lanal Lampung yang berada di depan Markas Brigif 4 Mar/BS Piabung Lampung, Sabtu, (26/10/2019). Dalam pembukaan tersebut hadir Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr(Han), Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Aslog Kasal Laksda TNi Moelyanto, Kadispenal Laksma TNI M Zaenal, Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) Hermanto dan Unsur Forkopimda Lampung serta pejabat TNI dan POLRI.

Di hari pertama Festival Kelagian yang diketuai Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar yang bekerjasama dengan Pemda Provinsi Lampung, TNI-Polri serta komponen masyarakat yang berada di wilayah ini diramaikan dengan Lomba Renang dan Dayung Binsat Korps Marinir, Bhakti Sosial Pengobatan Gratis, Pembuatan E-KTP dan SIM C , Pasar Murah dan Panggung Hiburan.

Di hari ke dua , 27/10/2019 yang juga hari terakhir kegiatan sosial yang masih berlangsung pengobatan gratis donor darah dan panggung hiburan. Untuk perlombaan yang terbuka untuk masyarakat umum adalah lomba menembak, lomba dayung perahu karet 500 meter, lomba dayung kano, lomba tarik tambang perahu naga, lomba menangkap bebek.

Selain itu, digelar Lomba Renang Lintas Kelagian dengan peserta TNI, Polri dan umum. Start di Pantai Kelapa Kelagian dengan finish di Pantai Marines Eco Park yang berada di depan Markas Brigif 4 Marinir/BS dengan jarak 5500 m. Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) melepas peserta lomba. Adapun kelompok TNI POLRI menjadi Juara 1 Pratu Eko Sujiono dari Yontaifib 2 Mar Surabaya dengan waktu 1 jam 15 menit 05 second , Juara 2 Pratu Mar Ahmad Yogi dari Yontaifib 2 Mar dengan waktu 1 jam 15 menit 27 second, Juara 3 Serda Alfer Delano dari Pushidrosal dengan waktu 1 jam 16 menit 02 second.

Untuk Kelompok Pelajar Juara 1 Mahesa Maulana dengan waktu 1 jam 20 menit 37 detik 74 second, Juara 2 Eka Septian M waktu 1 jam 24 menit 53 detik 86 second dan Juara 3 Wildan waktu 1 jam 29 menit 47 detik 95 second.

Kelompok Umum Juara 1 Noval Riski, Juara 2 Masahigi Mori, Juara 3 Napoli Situmorang. Sedangkan untuk Kelompok Putri Juara 1 Murasiah, Juara 2 Kaelila, Juara 3 Rosma.

Pada sore hari diadakan acara penyerahan hadiah lomba-lomba.Dalam acara Penyerahan Hadiah Lomba , Danbrigif 4 Marinir /BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar dalam sambutannya menyampaikan, “Festival Kelagian bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih menjaga dan mencintai laut. Justru di laut menyimpan kekayaan dan kejayaan.”(disp/red)