Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN ke-20 Tahun 2019

0

Koran Jurnal, Bandung – TNI AD menjadi tuan rumah event tahunan ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) XX Tahun 2019. Pembukaan ACAMM XX digelar di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (25/11/2019), yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa serta dihadiri para Kasad dan perwakilan delegasi negara Asean. Dan bertindak sebagai keynote speaker Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Bandung.

Dijelaskan Kadispenad bahwa
ACAMM merupakan ajang penguatan komitmen kerja sama militer diantara 10 negara di ASEAN.

Forum ACAMM dimaksudkan untuk menjaga spirit persaudaraan tersebut, serta diharapkan bisa menjadi tonggak sejarah kemajuan bidang pertahanan bangsa-bangsa Asia Tenggara, menuju kemakmuran bersama.

“Selain itu, pertemuan ini juga dimaksudkan untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna penjabaran komitmen kerja sama tersebut dalam wujud yang konkrit,” ungkap Candra.

Kerja sama militer yang terjalin lewat ACAMM, sambung Candra diproyeksikan untuk menjawab ancaman dan tantangan global yang sedang mengemuka, terutama di kawasan ASEAN.

“Beberapa ancaman yang perlu diwaspadai diantaranya terorisme dan radikalisme, kejahatan lintas negara, gejolak sosial politik yang merebak di berbagai negara, serta potensi bencana alam di sebagian besar Asia Tenggara. Ancaman-ancaman tersebut selama ini menjadi hambatan utama kemajuan ASEAN,” ungkap Candra.

ACAMM XX tahun 2019 mengangkat tema *“Melangkah Maju Bersama – Memajukan Kolaborasi antar Angkatan Darat menuju ASEAN 2025”*. Motto yang diangkat adalah, *Bersama kita bisa! Together We Can!*

Acara ACAMM diawali dengan perkenalan para Kasad ASEAN satu per satu ke atas panggung dan bersalaman dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menhan RI Prabowo Subianto serta Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto. Selain itu juga dilaksanakan sesi foto bersama para Kasad Asean.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan agenda multilateral meeting, dan penyampaian ide/gagasan oleh para Kasad Asean, serta sesi tanya jawab.

Selanjutnya dilaksanakan hand over (penyerahan) tuan rumah ACAMM tahun 2020 dari Indonesia kepada Brunei Darussalam.

Malam sebelum pembukaan ACAMM, Kasad menggelar acara Welcoming Reception di Skyline Restaurant, Dago, Bandung. Minggu (24/11/2019). Acara makan malam tersebut dimaksudkan sebagai bentuk ucapan selamat datang dan rasa hormat Kasad selaku tuan rumah dalam menyambut para pemimpin Angkatan Darat ASEAN beserta delegasinya. Serta, sebagai ajang menjaga jalinan persahabatan yang menjadi aset bersama untuk memajukan ASEAN.

Dalam acara tersebut, Kasad menyuguhi seluruh delegasi undangan yang hadir dengan beberapa persembahan kesenian khas Indonesia, serta sajian kuliner khas Kota Kembang Bandung. Beberapa games ringan yang merupakan bentuk keramahan ala Indonesia juga disisipkan dalam acara untuk mencairkan suasana, agar para tamu undangan bisa saling mengenal satu sama lain.

Sepuluh (10) Pimpinan Angkatan Darat (Kasad) negara-negara ASEAN yang hadir dalam ACAMM yaitu, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philiphina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia selaku tuan rumah.(disp/red)