Italian National Hydrographer Kunjungi Pushidrosal

0

Koran Jurnal, Jakarta – Guna mempererat kerjasama di bidang hidrografi antara kantor hidrografi Indonesia dan Italia, Italian National Hydrographer Rear Admiral Luigi Sinapi mengadakan kunjungan ke Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Rabu (22/01/2020).

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah beberapa waktu yang lalu Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Hidrografi Italia/Italian Hydrographic Institute di Genoa, Italia.

Italian National Hydrographer Rear Admiral Luigi Sinapi yang didamping Ltc Stefano Cossu (Defence Italian Hydrographic and National Hydrographer ) dan Athan Italia Orthello Orchini ini, diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. yang didampingi pejabat utama di anjungan utama Pushidrosal.

Pertemuan kedua Chief Hydrographer tersebut berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan. Kedua belah pihak sepakat untuk lebih meningkatkan kerjasama dan kemampuan antara kedua kantor hidrografi, utamanya dalam pengembangan dan pembangunan capacity building untuk meningkatkan profesionalitas personel yang dihadapkan dengan tuntutan global bidang kemaritiman khususnya aspek hidrografi.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai sarana menjalin hubungan yang baik dan meningkatkan kerjasama antara TNI AL dan Angkatan Laut Italia dalam kerangka Navy to Navy Talk.

Pada kesempatan itu, Rear Admiral Luigi Sinapi berkesempatan untuk mengunjungi Dinas pemetaan Pushidrosal, dan menerima penjelasan dari Kapushidrosal tentang sistem mekanisme kerja pemetaan dari akuisisi data hingga proses charting, yaitu pengumpulan data hidrografi di lapangan melalui survei, pengolahan data, hingga proses pembuatan peta. Selanjutnya mengunjungi Indonesian Marine Geospatial Information Center (IMaGIC), Dinas Produksi dan Distribusi (Disprodisi), serta Pusat Pendidikan Hidro-oseanografi.(pen/red).