Cegah Covid-19, Pushidros TNI AL Terapkan Ukur Suhu Badan Personel Sebelum Masuk Kantor

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mengambil langkah preventif pengawasan bagi personel dan tamu yang berkunjung ke Pushidrosal di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (16/03/2020).

Langkah preventif yang dilakukan yaitu memeriksa suhu badan setiap personel atau tamu yang masuk serta berkunjung ke Mako Pushidrosal, mengingat kemarin Presiden Joko Widodo telah mengumumkan ada beberapa warga yang telah terjangkit virus tersebut.

Langkah tersebut merupakan perintah Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H untuk mengantisipasi agar Virus korona tidak merebak di lingkungan Pushidrosal.

Para petugas kesehatan dari Balai Kesehatan Pushidrosal yang dipimpin langsung Kepala Kesehatan (Kasatkes)Pushidrosal Letkol Laut (K) drg. Andri Yuliprasetyo, M.Kes. melakukan tindakan preventif secara langsung kepada setiap personel Pushidrosal.

Kasatkes mengungkapkan, setiap personel dan tamu yang datang ke kantor Mako Pushidrosal, akan diperiksa petugas dengan menggunakan thermometer infrared. Setiap anggota dan tamu yang melintas akan ditempelkan alat pengukur suhu tubuh digital di bagian kening. Pengukuran suhu tubuh dilakukan di pintu gerbang masuk Mako Pushidrosal.

Apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5 derajat celsius, anggota dan personel tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh tim Balai Kesehatan Pushidrosal. Hal itu untuk cepat mengidentifikasi kondisi kesehatan yang bersangkutan secara lebih detail.

Menurutnya, pengukuran suhu tubuh ini akan terus dilakukan sampai kondisi di Indonesia dinyatakan bebas dari Virus Corona.

Kepala Dinas Pengamanan (Kadispam) Pushidrosal Kolonel Laut (E). G.P Handoko, M.Si (Han) mengawasi jalannya kegiatan yang dilakukan para petugas kesehatan tersebut.(disp/red)