Mentan Syahrul Resmikan Toko Mitra Tani di Jakarta Pusat dan Utara

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kementerian Pertanian terus berupaya menjaga ketersediaan bahan pangan pokok dan stabilisasi harga pangan di Indonesia. Salah satunya dengan memperbanyak jumlah Toko Mitra Tani yang menyediakan bahan pangan berkualitas dan harga terjangkau bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat meresmikan Toko Mitra Tani di Koja Jakarta Utara dan Rawasari Jakarta Pusat, Sabtu (02/05/2020).

“Kita berharap dengan bertambahnya Toko Mitra Tani di pemukiman-pemukiman wilayah Jabodetabek tentu saja dapat meredam fluktuasi harga yang biasanya tinggi di awal Ramadan, sehingga kita bisa langsung upayakan stabilisasi harga,” tegas Mentan.

Mentan Syahrul mengatakan, Toko Mitra Tani dapat menjual bahan pangan dengan harga terjangkau karena langsung mendapat suplai dari petani/ gapoktan. Diapun menargetkan tidak kurang dari 100 Toko Mitra Tani akan ditambah di Jakarta.

“Yang menjadi target kita adalah mendekatkan komoditas pertanian utamanya bahan pangan pokok dasar lebih dekat ke masyarakat dengan komitmen dari Toko Mitra Tani menjual sesuai standar harga yang telah ditentukan,” ujarnya.

Dengan hadirnya Toko Mitra Tani dekat dengan masyarakat, Mentan yang didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi berharap dapat membantu petani/gapoktan menyalurkan hasil pertaniannya melalui Pasar Mitra Tani dan membantu masyarakat mendapat bahan pangan dengan harga terjangkau.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan Syahrul juga menegaskan bahwa saat ini neraca bahan pangan 11 komoditas pangan pokok dalam kondisi aman.

“Mudah-mudahan kita dapat kendalikan dan saya harap tidak ada panic buying, dimana ada daerah yang defisit disitu kita akan perkuat distribusinya,” tegasnya.

Dalam kesempatan sama Agung Hendriadi mengungkapkan, Toko Mitra Tani menyediakan pangan murah dan berkualitas. Untuk pembelian, tambah Agung, dibatasi oleh pihak Toko Mitra Tani.

“Kita punya 1.000 gapoktan yang menyuplai Pasar Mitra Tani kita dan Pasar Mitra Tani ini yang akan menyuplai Toko Mitra Tani yang ada. Pembelian dibatasi itu bertujuan agar tidak ada rush buying,” kata Agung.

Dilokasi peresmian toko mitra tani Rawasari, pemilik Pasar Mitra Tani yang juga selaku pengusaha distributor daging nasional Juard Effendi mengatakan pihaknya berkomitmen membantu pemerintah untuk menyediakan pangan murah berkualitas bagi masyarakat.(red)