Pengabdian Akabri 89 Gelar Bakti Sosial di Bogor Selatan

0

Koran Jurnal, Bogor – Kegiatan sosial Pengabdian TNI-Polri Akabri 89 merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari seluruh Alumni Akabri tahun 1989 baik dari TNI maupun Polri atas situasi dan kondisi saat ini yang di karenakan Pandemi Covid 19. Para alumni Akabri ini terdiri dari matra Darat, Laut, Udara dan Kepolisian melakukan bhakti sosial dengan memberikan paket pangan kepada keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19, Bogor (17/06/2020).

Pejabat TNI-Polri yang tergabung dalam Akabri 1989 menyiapkan serta memberikan bantuan dalam bentuk paket sembako, yang mana nantinya Paket bantuan tersebut akan di berikan kepada masyarakat yang terkena langsung imbas Pandemi Covid 19, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Marsma TNI Eding Sungkawa S.AB., M.TR. (Han) Dan Lanud ATS, Brigjen TNI Ramses Lumban Tobing Dirjian Ekonomi Stratad Lemhanas RI, dan alumni Akabri 89 lainnya yang mengikuti Baksos ini. Kegiatan juga dihadiri Waka Polresta Bogor Kota AKBP M.Arsal Syahban, SH, S.IK,MM, MH, Wakil Walikota Bogor Dedie A.Rachim dan Muspika Bogor Selatan bersama unsur tiga pilar.

Penyaluran ratusan paket sembako ini dilanjutkan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa didampingi Lurah dengan cara door to door agar tepat sasaran ke para warganya sebanyak 500 paket sembako disiapkan untuk kegiatan bakti sosial ini. Pemberian bantuan sosial ini diberikan kepada warga Parung Jambu Rt 5/10 dan warga Kampung baru Rt 06/04, Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Dalam sambutan nya Wakil Wali Kota Bogor menyampaikan ucapan terima kasih kepada AKABRI 89 yang telah membantu penanganan Covid 19 di Kota Bogor, hadirnya bantuan ini membantu penanganan Covid 19 di Kota Bogor terutama masalah ekonomi dan ini semoga bermanfaat dan dilimpahkan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT kepada AKABRI 89.

Camat Bogor Selatan Hidayatulloh, S.P., M.SI menyampaikan apresiasi kepada Bapak bapak alumni 89 yang telah melakukan gerakan bakti sosial terutama kepada warga Bogor Selatan yang terdampak Pandemi Covid 19, semoga menjadi amal ibadah untuk bapak- bapak AKABRI 89.

“Warga disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, pakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ujar Hidayatulloh

Waka Polresta Bogor Kota mengucapkan selamat datang kepada para senior Akabri 89 yang telah tergerak menyalurkan sembako di wilayah Bogor Selatan, Kota Bogor

“Memasuki tatanan hidup baru ini saya harap kita semua selalu waspada dengan mempedomani protokol kesehatan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid 19 di Kota Bogor, kita turun langsung ke lokasi untuk melihat langsung bagaimana masyarakat yang terdampak Covid 19 ini.” Ujar Brigjen TNI Ramses Lumban Tobing

Mewakili Akabri 89 Marsma TNI Eding Sungkana menyampaikan kegiatan ini terdiri dari 4 angkatan, TNI Darat Laut Udara dan Polri, sesuai dengan Program Pemerintah, Mari Kita bersama sama membantu warga yang terdampak Covid 19, Program Tahun ini kita mengumpulkan dana dan terkumpul 22.500 paket sembako dan sekarang kita bagikan di Kota Bogor, Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 500 paket sembako. AKABRI 89 juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada warga yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bantuan Sosial ini juga kami lakukan di berbagai wilayah Indonesia.

Aksi baksos Akabri 89 ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar alumninya diseluruh Indonesia ditempat tugas para alumni Akabri 89 yang telah digelar pada Kamis 11 Juni, demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam RI, Mayjen TNI Rudianto selaku Ketua Alumni Akabri 89.

“Kami menjalankan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan pengurangan kesenjangan. Semoga pendistribusian sembako alumni Akabri 89 dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Mayjen TNI Rudianto waktu itu.

Komjen Pol Drs Agus Andrianto selaku Kabaharkam Polri yang merupakan alumni Akabri 89 di tempat terpisah menyampaikan aksi Solidaritas Sosial yang dilaksanakan para alumni Akabri 89 merupakan wujud pengabdian yang Solid antara TNI dan Polri yang digelar di berbagai kewilayahan di Indonesia oleh para alumni Akabri 89 dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

“Aksi Solidaritas Sosial alumni Akabri 89 merupakan tindak lanjut arahan Panglima TNI dan Kapolri utk menggalang dan menggerakan masyarakat yang mampu untuk turut serta memberikan Bantuan Sosial kepada warga yang terdampak Pandemi Covid 19,” ujar Komjen Agus.

Selain itu ditambahkan oleh Komjen Agus bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih TNI-Polri kepada masyarakat bahwa hasil survey menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI-Polri cukup tinggi dalam peranannya percepatan penanganan pandemi covid-19 diseluruh Indonesia, dimana tingkat tertinggi adalah institusi TNI dan ketiga Polri setelah Lembaga Kepresidenan.

Dan Lanud ATS Marsekal Pertama TNI Eding Sungkana, S.AB.,M.Tr(Han).(hum/red)