TNI AU Kerahkan Boeing dan Super Puma, Bantu Bencana Banjir Bandang di Luwu Utara

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Udara merespon cepat bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Luwu Utara khususnya daerah Masamba, Provinsi Sulawesi Selatan, dengan mengerahkan dua buah pesawat jenis Boeing dengan tail number AI-7303 milik Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin dan Heli Super Puma NAS-332/H-3213 milik Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.

TNI AU bergerak cepat dengan mengerahkan pesawat Boeing intai Skadron Udara 5 yang diawaki oleh Kapten Pnb Panji untuk memastikan situasi serta kondisi daerah yang terdampak bencana alam dan mengalami kerusakan cukup parah.

Bersamaan dengan itu TNI AU juga mengerahkan satu unit Helikopter Super puma NAS-332/H-3213 yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Nugroho, guna memberikan dukungan SAR, evakuasi, pencarian, dan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Selain itu juga, TNI AU menyiapkan personel Pasukan Khas (Paskhas) guna mengantisipasi potensi ancaman banjir bandang serta mempercepat evakuasi dan pencarian korban di kawasan pemukiman yang terendam banjir.

Hal Ini merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Udara kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam sekaligus merupakan pelaksanaan tugas TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang salah satunya adalah penanggulangan bencana alam.(disp/red)