Ketua Dekopinwil DKI Jakarta: Komunitas Kemitraan Koperasi dan Kekuatan Pasar Sangat Penting Saat Hadapi Pandemi Covid-19

0

Koran Jurnal, Jakarta – Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi DKI Jakarta terpilih, Ir. Soeryo mengatakan akan membangun kemitraan dan mengembangkan pasar lebih dahulu agar koperasi memiliki daya saing ekonomi yang kuat di tingkat wilayah maupun global.

Hal itu disampaikan Soeryo kepada wartawan usai dirinya terpilih menjadi ketua Dekopinwil DKI Jakarta untuk periode 2020-2025 dalam acara musyawarah wilayah (Dekopin) DKI Jakarta, di Gedung Graha Dirgantara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (19/08/2020).

Menurut Soeryo, upaya membangun kemitraan dan mengembangkan pasar sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan dari para pemodal.

“Kita kembangkan kemitraan sesama anggota dulu setelah itu kita akan mengembangkan pasar. Jadi utamanya adalah banyak koperasi-koperasi ini punya kemampuan dan potensi bagus tetapi punya kelemahan di pasar. Jadi pasarnya kita kembangkan dulu, setelah pasarnya kuat justru modal akan datang,” ujarnya.

“Jadi kita tidak bicara permodalan dulu, tapi kekuatan pasar lebih utama,” tambah Soeryo.

Untuk mewujudkan kemitraan dan pasar yang kuat, Soeryo mengaku telah memiliki program memperbanyak kemitraan di setiap wilayah di DKI Jakarta.

“Salah satu program yang akan kita kembangkan adalah menumbuhkan koperasi-koperasi di RT RW di Jakarta, sehingga bisa menjadi kekuatan ekonomi bagi warganya di sekitar RW tersebut,” tukasnya.

Selain itu, Soeryo menuturkan bahwa selama masa pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat terasa bagi ekonomi warga masyarakat. Perlu menjalin kemitraan dan kebersamaan untuk menghadapi situasi saat ini.

“Kita akan contoh selama masa covid-19 ini yaitu kebersamaan dapur bersama ibu-ibu yang perlu kita contoh, gimana mereka bisa menghidupi keluarganya dengan membuat makanan untuk tetangganya dan lainnya sehingga menghasilkan pendapatan bagi dia (ibu-ibu) sendiri,” papar Soeryo.

Soeryo juga mengungkapkan dalam menghadapi masa pandemi covid-19, Ia akan mengambil langkah-langkah strategis untuk memperkuat ekonomi kemitraan koperasi.

“Minimal (mungkin) satu tahun lagi kita harus berjuang hidup dengan new normal yang ada ini. Maka kita dari koperasi akan mengambil banyak langkah-langkah strategis yaitu antara lain menumbuhkan komunitas sesama koperasi yang bisa saling mengembangkan bisnis internal,” jelas Soeryo.

“Terbukti bahwa komunitas bisnis seperti itu akhir-akhir ini menjadi sebuah potensi yang luar biasa. Nah yang ini akan kita gali dan kembangkan. Jadi saya akan fokus terhadap bisnis koperasi ini,” lugasnya.

Dari pantauan pewarta, acara Rapat Musyawarah Wilayah Dekopin DKI Jakarta dihadiri sekitar ratusan anggota dan pengurus.

Rapat tersebut berlangsung tertib dan mewakili aspirasi masing-masing anggota. Serta menghasilkan keputusan bersama untuk mewujudkan kemitraan koperasi dan pasar yang kuat menuju masyarakat sejahtera. Selamat atas terpilihnya Ketua Dekopinwil DKI Jakarta periode 2020-2025.(red)