Danlantamal III Donor Darah bersama Para Calon Prajurit TNI Angkatan Laut T.A 2020

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. melakukan donor darah bersama para calon Prajurit TNI AL TA. 2020, sebanyak calon bintara wanita 95 orang, calon bintara pria sebanyak 351 orang dan calon tamtama sebanyak 44 orang, dengan mengundang tim PMI Jakarta untuk dilaksanakan di ruang serbaguna Mako Lantamal III Jl. Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta utara. Senin, (12/10/2020)

Donor darah adalah kegiatan memberikan darah kepada seseorang secara sukarela, namun tidak sembarangan dengan syarat yang diatur dalam Peraturan Pemerintah N0. 7/ 2011 tentang Pelayanan Darah. Dalam PP disebutkan penyelenggaraan donor darah dan pengolahan darah dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI). Setiap tahunnya, PMI menargetkan hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional. Disesuaikan juga dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.

Sebelum pengambilan darah, para calon pendonor terlebih dahulu menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter, guna mengetahui apakah kondisi pendonor dalam keadaan sehat atau pernah menginap penyakit yang dilarang sebagai pendonor seperti; pernah menderita Hepatitis B dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis; dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi; dalam jangka waktu 6 bulan sesudah operasi kecil; dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi kecil; dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, stetanus dipteria atau profilaksis, dll.(disp/red)