TNI Angkatan Laut Kerahkan KRI, Angkut Bantuan Kemanusiaan Bencana Alam NTT

0

Koran Jurnal, Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas KRI Semarang-594 di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok Jakarta, Kamis (08/04/2021).

Kapal tersebut membawa bantuan bencana alam Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berasal dari pemerintah, seperti Lembaga Kepresidenan, Kementerian/Lembaga, dan unsur masyarakat, seperti yayasan Budha Tzu Chi, Lion Club Indonesia, yayasan Cakra Abhipraya Responsif, Alumni Sekolah Islam Al-Azhar (ASIA) dan lembaga sosial misi prokur PRR berupa sembako, Rumah Sakit Lapangan beserta pengawaknya dan dapur lapangan beserta pengawaknya.

“Barang bantuan terdiri dari bahan makanan, beras, minyak goreng, gula pasir, air mineral, mie instan, teh celup, kopi, biscuit, susu bayi, tepung terigu, sarden, selimut, baju layak pakai, popok anak-anak dan orang dewasa, sajadah, obat-obatan, masker, APD, face shield  dan kelengkapan medis lainnya, terpal, meja belajar anak dan material lainnya,” tutur Wakasal.

Dia menambahkan, hingga saat ini sudah ada masuk 24 truk mulai dari tadi malam, Keluarga Besar TNI AL 9 truk, Yayasan Dewa suci 5 Truk. Nantinya kapal tersebut akan mampir di Surabaya dengan mengangkut 25 truk, untuk secepatnya disalurkan.

Tidak  hanya itu. Wakasal menambahkan, TNI AL juga mengirim tenaga medisnya dan personil kesehatan bagi yang terkena musibah di NTT.

Sebelumnya pada Senin 5 April 2021, KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dari jajaran Komando Armada II Surabaya, telah  diberangkatkan ke NTT dengan membawa 81 koli berupa pakaian layak pakai, pakaian bayi, pakaian keperluan wanita, selimut dan keperluan lainnya. Sementara Satu Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) Lantamal VIl Kupang sudah berada di lokasi bencana.

KRI Oswald Siahaan–354 saat ini berada di Maumere. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu mendukung angkutan bantuan sosial (Bansos) bencana alam di Propinsi NTT, antara lain membawa barang-barang bantuan dari Setmilpres, berupa sembako sebanyak 3.572 paket. Bansos dari Koopsau 1 sembako sebanyak 98 kardus, Indomie sebanyak 100 kardus. Bansos Dharma Pertiwi berupa Biskuit 400 box, Kasur Palembang 400, Selimut 400 dan 2 karung, Paket Siaga Bencana 500 paket, handuk 200 serta pakaian layak pakai.(disp/red)