Peringati HUT RI ke 76, TNI AL Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen secara Serentak di Seluruh Indonesia

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar kegiatan Bakti Sosial (baksos) Donor Darah dan Plasma Konvalesen secara serentak di jajaran TNI AL seluruh Indonesia, Kamis (12/08/2021).

“Kegiatan hari ini Kamis 12 Agustus 2021 merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai salah satu wujud sumbangsih TNI AL dalam percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Indonesia, serta dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76,” kata Komandan Pushidros TNI AL Laksdya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P kepada wartawan saat memberikan keterangan kegiatan baksos kemanusiaan tersebut yang digelar di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Agung menjelaskan, kegiatan ini terselenggara bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

“Target alokasi pendonor sekitar 150 hingga 200 orang, sebagai salah satu wujud kepedulian sosial TNI AL dalam hal ini Pushidrosal kepada masyarakat untuk membantu mengatasi kebutuhan darah selama masa pandemi Covid-19,” jelas Danpushidrosal.

“Kegiatan ini dimonitor langsung oleh KSAL dari Mako Kolinlamil melalui Video Conference (Vicon) ke seluruh Kotama TNI AL,” terangnya.

Selain donor darah, pada hari yang sama, TNI AL dengan pelaksana lapangan Pushidrosal untuk kedua
kalinya kembali menggelar serbuan massal vaksinasi Covid-19 di kawasan Lagoa Koja, Jakarta Utara.

Kegiatan ini digelar guna memenuhi permintaan masyarakat akan tingginya kebutuhan vaksin covid-19 di wilayah tersebut.

Pushidrosal dalam kegiatan ini mengerahkan 15 tenaga kesehatan dengan dibantu 5
orang sukarelawan dari warga setempat dalam rangka memenuhi antusiasme masyarakat setempat untuk mendapatkan vaksin.

Adapun target vaksinasi kali ini sebanyak 750 orang yang dilaksanakan selama dua hari, dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Selain Serbuan Vaksin, Pushidrosal melalui Cabang Berdiri Sendiri Jalasenastri
Pushidrosal juga turut berpartisipasi dengan melaksanakan bakti sosial berupa pembagian paket sembako bagi masyarakat setempat dan peserta vaksinasi.(disp/red)