Pushidros TNI AL Gelar Puncak Acara HUT Jalasenastri Ke-75 Tahun 2021

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut menggelar Puncak Peringatan HUT ke-75 Jalasenastri bertempat di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jum’at (27/08/2021)

Peringatan Hari Ulang Tahun Jalasenastri yang bertemakan “Jalasenastri berperan serta mewujudkan Keluarga yang tangguh, Produktif, dan Inovatif dimasa Pandemi Covid-19 menuju Indonesia maju”, ini dibuka langsung oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. selaku Pembina Gabungan Jalasenastri Pushidrosal.

Acara diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, mendengarkan lagu Hymne Jalasenastri, sejarah singkat dan dilanjutkan laporan Ketua Panitia serta sambutan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono yang dibacakan oleh Ketua Gabungan Jalasenastri Pushidrosal Ny. Ita Agung Prasetiawan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., selaku Pembina Utama Jalasenastri dalam sambutannya yang dibacakan Danpushidrosal antara lain mengatakan bahwa Peringatan hari Ulang Tahun Jalasenastri kali ini masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada tatanan kehidupan sosial bermasyarakat seperti yang dirasakan bersama, oleh karena itu kita wajib mendukung kebijakan pemerintah dan melindungi diri serta keluarga dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona-19.

Berlatar belakang pada sejarah terbentuknya Jalasenastri pada masa jaman perjuangan kemerdekaan adalah atas dasar senasib sepenanggungan dan seperjuangan dikalangan para istri anggota TNI Angkatan Laut RI pada saat itu, untuk membantu perjuangan suami yang berada digaris depan serta memelihara dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan demikian organisasi Jalasenastri sampai saat ini memiliki visi untuk mewujudkan istri TNI AL yang berbudi, setia dan mandiri. Dengan membangun keluarga berakhlak dan santun membina keluarga sehat serta membentuk keluarga berkarakter kuat dilandasi oleh Ketuhanan Yang maha Esa.

Secara khusus, Danpushidrosal dalam arahannya juga menyampaikan pada masa pandemi seperti saat ini, anggota Jalasenastri dalam membina keluarga prajurit dituntut untuk menjadi wanita yang tangguh , produktif dan inovatif dalam mengemban berbagai peran sekaligus disamping peran utamanya sebagai seorang istri prajurit matra laut dan sebagai seorang ibu. Hakikat sebagai seorang Jalasenastri sebagai tiang dalam keluarga akan menciptakan keluarga yang bahagia dan juga sebagai pilar utama bangsa akan mencetak generasi muda yang berkualitas.

Acara puncak Peringatan HUT ke-75 Jalasenastri di Pushidrosal ditandai dengan pemotongan tumpeng HUT Ke-75 Jalasenastri, pemutaran video sejarah Jalasenastri serta video ucapan selamat HUT Jalasenastri ke-75 dari Satuan-satuan kerja dibawah jajaran Pushidrosal.(disp/red)