Dikabarkan KRI Rigel-933 “Diserbu Kapal Nelayan” di Teluk Sengiap, Natuna

0

Koran Jurnal, Natuna – Kapal Perang TNI Angkatan Laut kembali dikabarkan diserbu puluhan kapal nelayan di Teluk Sengiap, Kabupaten Natuna. Kabar ini diketahui beredar saat KRI Rigel-933 menggencarkan sasaran Serbuan Vaksinasi Maritim bagi masyarakat nelayan di wilayah perairan Natuna.

Hal itu terlihat saat KRI Rigel-933 dikepung oleh perahu dan nelayan ketika lego jangkar di Timur Pantai Sengiap. Tampak puluhan perahu nelayan merapat di lambung kanan dan lambung kiri KRI Rigel-933 untuk melaksanakan vaksinasi di buritan KRI Rigel-933 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim,. S.T M.Tr. Hanla.

Sasaran serbuan vaksinasi maritim yang dilaksanakan oleh Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan mengerahkan KRI Rigel-933 ini sesuai dengan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. guna mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam rangka memenuhi target vaksinasi nasional serta mewujudkan kekebalan komunal (Herd Immunity) di seluruh wilayah Indonesia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut KRI Rigel-933 Pushidrosal bersinergi dengan Lanal Ranai dalam melaksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim dan pemberian bantuan paket sembako.

Serbuan Vaksinasi TNI AL di atas KRI Rigel-933 ini bersamaan dengan kegiatan survei hidro-oseanografi Laut Natuna Utara.

Selain melaksanakan serbuan vaksin di Teluk Sengiap, Natuna, Pushidrosal menggelar juga vaksinasi Covid-19 di Posko Tim Survei Darat Desa Pengadah. Adapun jenis vaksin yang disediakan yakni Sinovac dan Astra Zeneca.

Sedikitnya 54 nelayan tervaksin dalam kegiatan vaksinasi ini, dengan rincian
dosis 1: 8 orang (Sinovac), dosis 2: 14 orang (Sinovac), dan dosis 1: 2 orang (Astra Zeneca), dan dosis 2: 30 orang (Astra Zeneca). Setelah disuntik Vaksin, puluhan nelayan pun menerima bantuan berupa paket sembako.(disp/red)