Pangkostrad Berikan Pembekalan Calon Wisudawan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

0

Koran Jurnal, Cirebon – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. selaku Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Swadaya Sunan Gunung Jati memberikan pembekalan kepada calon Wisudawan saat menghadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) dengan agenda Wisuda Ke-60 Sarjana dan Magister Tahun Akademik 2020-2021 di Hall Ciremai Swiss-Belhotel, Kota Cirebon, Jawa Barat. Selasa (26/10/2021).

Di hadapan para Wisudawan dan Wisudawati, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. menyampaikan paparan dan pemikirannya tentang kepemimpinan dalam dunia yang selalu berubah.

Menurut Pangkostrad, salah satu faktor yang mempengaruhi kepemimpinan adalah dampak era digitalisasi yang membuat rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan karena sumber daya manusia (SDM) telah digantikan oleh teknologi digital, munculnya pelanggaran hak cipta, munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan kenyataan (hoax), munculnya budaya malas gerak karena pengaruh penggunaan teknologi digital dan adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain.

Oleh karena itu, di tengah dampak tersebut dibutuhkan pemimpin yang jujur, transparan dan memiliki integritas sehingga bisa membangun organisasinya secara sehat sehingga organisasi efektif dan lebih maju. Pemimpin juga harus beradaptasi dengan lingkungan karena jika tidak beradaptasi dengan lingkungan akan ketinggalan. Selain itu, di tengah era digital dibutuhkan sikap pemimpin yang mampu memahami/intuisi, adaptif dan pandai dalam banyak hal, visioner dan imajinatif, inovatif, mengikuti perkembangan informasi, memiliki rasa kemanusiaan, kreatif dan berfikir tentang konseptual.

Turut hadir Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati Bapak Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si., Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati Bapak H. Dadang Sukandar Kasidin, Tenaga Ahli YPSGJ Prof.Dr. Suherli, M.Pd, Sekertaris Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Ibu Hj. Djuariah, SH, MH, Bendahara Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Hj Dharliana, SE, SH, MM, MH., Wadansesko TNI Mayjen TNI Hendy Geniardi, S.E., M.M., Danrem 063/SGJ Cirebon Kolonel (Inf) Elkines Villando Dewangga K, S.A.P. dan sejumlah pejabat undangan.(pen/red)