TNI AL Kembali Siapkan 3 Ribu Dosis Vaksin Sasar Masyarakat Dua Kecamatan Wilayah Bogor

0

Koran Jurnal, Bogor – Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut kembali menyiapkan 3000 Dosis Vaksin Covid-19 diperuntukkan untuk kedua Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor yaitu Kecamatan Cibungbulang dan Kecamatan Jasinga, Bogor, Kamis (4/11/2021).

Antusias masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan terus mendatangi tempat-tempat vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh TNI AL. Untuk di wilayah Kecamatan Cibungbulang, Vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Cibungbulang, Puskesmas Cijujung, PT Manggis/Puskesmas Situ Udik dan Pesantren Al Hidayah. Selanjutnya di Wilayah Kecamatan Jasinga vaksinasi dilaksanakan di Program Kesehatan Masyarakat (PKM) Neglasa, Desa Curug dan Desa Cikopomanyak.

Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI AL yang merupakan gabungan dari Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidros TNI AL), Batalyon Kesehatan Korps Marinir dan Diskesal yang berjumlah 11 personel dibantu oleh tim nakes dari Polri dan beberapa nakes dari Puskesmas wilayah yang tergabung dalam Satgas Gabungan TNI AL, seluruhnya berjumlah sekitar 40 orang. Tim nakes tersebut semuanya tergabung dalam satgas gabungan TNI AL melaksanakan vaksinasi yang tersebar di dua wilayah kecamatan kabupaten Bogor.

Kegiatan serbuan vaksinasi yang digelar oleh TNI AL ini merupakan perintah Langsung dari Kepala Staf Angkatan laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., serta upaya dari TNI AL dalam mengejar pencapaian vaksinasi hingga 70% seperti yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Untuk jenis vaksin yang didistribusikan oleh TNI AL adalah jenis vaksin Sinovac (Coronavac), Moderna dan Pfizer untuk Dosis I dan Dosis II. Hingga berita ini diturunkan, jumlah peserta vaksinasi yang terdaftar di dua kecamatan tersebut keseluruhan mencapai 2.938 orang, yang tervaksin berjumlah 2.380 orang dan tertunda sebanyak 41 orang dengan alasan gangguan kesehatan.

Sementara itu, dihari yang sama TNI AL juga melaksanakan serbuan vaksin di wilayah Desa Bagoang dan Desa Koleang disekitar wilayah Bogor dengan jumlah hasil vaksin masyarakat maritim sebanyak 190 orang.

Vaksin dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak saat terjadi antrean.(disp/red)