Pushidrosal Gelar Pelatihan Penentuan Duga Dinamika Posisi Kapal Tenggelam

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Pelatihan Penentuan Duga Dinamika/Pergeseran Posisi Kapal Tenggelam. Asisten Personel (Aspers) Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Benediktus Dwiaji Gultom, S.T. membuka secara resmi Pelatihan tersebut di Ruang Rapat Dinas Oseanografi dan Meteorologi (Disosemet) Pushidrosal Lantai II, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Kamis (18/11/2021).

Dalam sambutannya, Aspers Pushidrosal menjelaskan, berdasarkan Pasal 59 Perpres RI nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, menyatakan bahwa Pushidrosal bertugas menyelenggarakan operasi survei pemetaan Hidro-Oseanografi militer maupun nasional yang meliputi Survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan Negara dan pembangunan nasional.

Untuk melaksanakan amanah presiden tersebut, Pushidrosal sering dihadapkan pada kejadian kecelakaan di laut berupa kapal atau pesawat karam/tenggelam.

“Mengantisipasi dukungan keselamatan pelayaran maupun dukungan untuk kegiatan Search and Rescue (SAR) Pushidrosal perlu menyiapkan sumber daya manusia yang kapabel sebagai pengawak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini dilaksanakan Pelatihan Penentuan Duga Dinamika/Pergeseran Posisi Kapal Tenggelam” kata Aspers Danpushidrosal.

Sasaran utama kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan personel pengawak agar memiliki kemampuan dari tingkat dasar sampai dengan tingkat aplikasi sebagai pengawak manajemen basis data yang terintegrasi dalam bentuk penentuan duga posisi duduk kapal saat tenggelam, mampu melakukan digitasi dan menyiapkan meta data serta memiliki intuisi bais data ke ruangan dalam pelaksanaan tugas dan menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari ini dimulai dari hari Kamis tanggal 18 November 2021 hingga 24 November mendatang, bertempat di Disosemet, Pushidrosal.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, terutama oleh para peserta pelatihan, karena pelatihan ini sangat mendukung pelaksanaan tugas pokok bagi personel Pushdirosal” pungkasnya .

Hadir dalam Pembukaan Pelatihan tersebut, di antaranya Kepala Dinas Oseanografi dan Meteorologi (Kadis Osemet) Kolonel Laut (KH) Kamija, S.Si., M.Si., Para Instruktur Pelatihan Letkol Laut (KH) Dr. Gentio Harsono, S.T., M.Si dan Letkol Laut (P) Dr. Dian Adrianto, S.Si., M.Si serta 15 personel peserta Pelatihan.(disp/red)