Melalui “Kadet 1947”, KSAU Berharap meningkatkan semangat Juang dan Nasionalisme Generasi Muda

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menghadiri acara JIWA Kadet 1947 Fashion Show yang berlangsung di hanggar Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jum’at (19/11/2021).

Acara JIWA Kadet 1947 Fashion Show merupakan peragaan busana film Kadet 1947 dan dramatikal tentang film drama heroik yang digarap oleh Temata Studios tersebut.

Setelah menyaksikan acara JIWA Kadet 1947 Fashion Show, Kasau menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Menteri BUMN dan produser film yang telah mengangkat kisah heroik tujuh pemuda calon perwira TNI AU dalam operasi pengeboman markas Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Kasau berharap, film yang akan ditayangkan pada 25 November 2021 ini dapat meningkatkan semangat juang dan jiwa nasionalisme generasi muda saat ini.

“Dengan segala keterbatasan saat itu, ketujuh pemuda kita tidak gentar melawan penjajah dengan melakukan penyerangan ke markas belanda,” ujar Kasau.

“Semangat juang para pemuda yang dikisahkan dalam film ini, diharapkan meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda kita,” tambah KSAU..

Ketujuh pemuda dalam film Kadet 1947 ini adalah Sutardjo Sigit (Baskara Mahendra), Mulyono (Kevin Julio), Suharnoko Harbani (Ajil Ditto), Bambang Saptoadji (Samo Rafael), Sutardjo (Wafda Saifan), Kapoet (Fajar Nugra), dan Dulrachman (Chicco Kurniawan).

Film garapan sutradara Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini terinspirasi dari peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

Acara JIWA Kadet 1947 Fashion Show juga menampilkan lagu “Bakti” Original soundtract Kadet 1947 yang dibawakan langsung oleh Anneth Delliecia dan penampilan Melly Goeslow yang membawakan sebuah lagu perjuangan.

Pada kesempatan tersebut Kasau juga menyerahkan buku Indonesian Air Force In Pictures kepada Menteri BUMN. Tampak hadir pada acara ini produser Temata Studios Celerina Judisari, Sutradara, para pemain dan sejumlah pejabat utama TNI AU.(disp/red)