Kejuaraan Catur Internasional KSAD Cup 2021 Resmi Dibuka

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman membuka secara resmi Kejuaraan Catur Tingkat Internasional  Kasad  Cup Tahun 2021 yang digelar di Aula Jenderal besar A.H Nasution Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Minggu (28/11/2021). Pembukaan acara tersebut turut dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Utut Adianto (Ketua Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) dan pejabat TNI AD.

Dalam sambutannya, KSAD  Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, kejuaraan  catur ini untuk menumbuhkan semangat  kekeluargaan. Kasad juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan berhenti memajukan olah raga dan akan mewujudkan Bakti TNI untuk olah raga.

“Nanti akan saya canangkan di seluruh jajaran, Kodam, Korem, Kodim menyelenggarakan   lomba catur  di masing-masing daerah. Harapan saya ke depan kita dapat meningkatkan  kegiatan catur berskala lebih besar lagi,” ujar KSAD.

Kepada awak media Jenderal Dudung menyampaikan, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, dirinya ingin mengolahragakan masyarakat. Dengan melibatkan Angkatan Darat dalam memasyarakatkan olah raga, bukan hanya catur saja tetapi seluruh olah raga yang bersifat permainan.

“Generasi-generasi ke depan adalah generasi petarung dan pemberani. Dengan upaya memasyarakatkan catur dan olah raga lainnya, generasi muda akan semakin tertanam semangat juang, semangat berolahraga, sehingga di samping waktu terisi dengan aktivitas positif juga dapat meningkatkan kedekatan  prajurit dengan rakyat,” lanjut KSAD.

“Saya sampaikan kepada prajurit, ciptakan bahwa rakyat mencintai para prajurit, tetapi yang lebih hebat lagi, seorang prajurit harus lebih mencintai rakyatnya”, tegas KSAD.

Kejuaraan Catur yang diikuti sebanyak 182 peserta tersebut terdiri dari kelas Internasional dengan 24 pemain yakni 3 Grand Master Pria, 5 Master Internasional  Wanita (MI) dan 16 Master Internasional Pria.

Selain itu juga dipertandingkan kelas pendamping sejumlah 158 pemain yang terdiri dari 26 orang di kelompok Nasional, 40 orang di kelompok Pati TNI, 50 orang di kelompok Non Master dan 42 orang kelompok Junior dengan total hadiah sebesar Rp. 500 juta serta 3 buah sepeda motor.(disp/red)