BPK RI Adakan Pemeriksaan Terinci terhadap Kinerja Keamanan dan Pertahanan Siber di Pushidrosal

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-osenaografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., didampingi Ahmad Adjam R Sempurna Djaya, S.H., LLM., CfRA., selaku Wakil Penanggung Jawab III dari BPK membuka secara resmi dan memberikan taklimat awal kegiatan Pemeriksaan terinci dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Kinerja Keamanan dan Pertahanan Siber bertempat di Ruang Rapat Danpushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jum’at (3/12/2021).

Pemeriksaan terinci BPK RI ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siber Kemhan dan TNI dalam menghadapi dan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta sebagai fungsi kontrol pengawasan dan pemeriksaan yang didukung oleh piranti lunak yang memadai dan pelaksanaan profesional, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi terciptanya kualitas kinerja organisasi dalam rangka mewujudkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program kerja.

Danpushidrosal dalam sambutannya mengatakan pemeriksaan terinci ini merupakan pemeriksaan perdana dengan objek pemeriksaan terhadap keamanan dan pertahanan siber yang meliputi Kemhan dan TNI. Diharapkan antara Pushidrosal dengan Tim BPK bersinergi dalam pelaksanaan pemeriksaan, sehingga hasilnya bermanfaat sebagai bahan koreksi atas program kegiatan pemenuhan alutsista menjadi lebih baik.

“Tim Pemeriksa BPK hendaknya dipandang sebagai mitra kerja sehingga dapat terjalin pola kemitraan antara pelaksanaan audit dan objek yang di audit, karena pada satu sisi, tim pemeriksa dapat menghasilkan temuan-temuan yang lebih objektif khususnya di bidang keamanan dan pertahanan siber yang sangat kita butuhkan bagi peningkatan kinerja organisasi,” ucap Danpushidrosal.

Diharapkan dalam pelaksanaan pemeriksaan BPK memberikan hasil optimal bagi terwujudnya pertahanan dan keamanan siber khususnya di Pushidrosal, dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa menemui kendala.

“Bagi Satuan kerja yang terkait dengan kehadiran tim pemeriksaan eksternal BPK ini, agar keterbukaan dan kejujuran dalam menyampaikan data dan informasi khususnya sasarannya terkait pertahanan dan keamanan siber, dengan mewujudkan obyektivitas pelaksanaan audit, sehingga tercapai hasil yang optimal, yang akan menjadi masukan bermanfaat bagi upaya peningkatan kinerja Pushidrosal,” pungkas Komandan Pushidrosal.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Pemeriksaan terinci ini, Wakil Komandan (Wadan) Pushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M serta para pejabat utama Pushidrosal.(disp/red)