Pushidros TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi 500 Siswa Siswi Al-Kairiyah Lagoa Koja Jakarta Utara

0

Koran Jurnal, Jakarta – Untuk meningkatkan kekebalan komunal (Herd Immunity) di Sekolah Dasar, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia antara 6-11 tahun di Madrasah Tsanawiyah Al Khairiyah Lagoa, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2021).

Dalam kegiatan ini Pushidrosal bekerja sama dengan puskesmas kelurahan Koja menyediakan 500 ampul vaksin jenis Sinovac dosis pertama dan dosis kedua. Kegiatan yang digelar ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam menyukseskan program pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19 terutama dikalangan anak-anak wilayah Jakarta Utara.

Pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak pukul 08.00 wib hingga pukul 14.00 wib. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu pengambilan nomor antrian, pendaftaran dengan menyertakan kartu keluarga (KK), pengecekan tensi darah dan suhu, serta Screening untuk mengetahui kelayakan sebagai penerima vaksin. Apabila peserta vaksin dinyatakan memenuhi syarat, maka dilakukan penyuntikan vaksin. Selama vaksinasi berlangsung, kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tim vaksinator yang diterjunkan dalam pelaksanaan kegiatan kali ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan (nakes) Pushidrosal sebanyak 19 personel dan 2 nakes dari Puskesmas Koja.

Dari 493 orang siswa dan siswi yang terdaftar, 492 yang dapat tervaksin dan 1 gagal karena alasan kesehatan. Selama pelaksanaan kegiatan vaksin tidak terjadi KIPI (Kegiatan ikutan Pasca Imunisasi).

Dalam kesempatan ini pula, Pushidrosal juga membagikan bingkisan berupa snack (makanan kecil) kepada para siswa/siswi yang telah divaksin.(disp/red)