PLN Jamin Pasokan Listrik MotoGP 2022 di Mandalika

0

Koran Jurnal, Jakarta PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, pihaknya menjamin kebutuhan atau pasokan listrik penyelenggaraan pra-musim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 13 sampai 15 Februari 2022.

“PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan zero down time (ZDT) atau listrik tanpa kedip pada gelaran MotoGP, seperti pada perhelatan World Superbike (WSBK) pada November 2021,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran di Mataram, NTB, Minggu (9/1/2022) lalu.

Untuk merealisasikan ZDT, lanjut Lasiran, PLN UIW NTB melakukan beberapa persiapan di lokasi. Antara lain  menginventarisasi ulang kebutuhan material dan juga peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

Disebutkan PLN, pasokan listrik bersumber dari 2 gardu induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit genset, 17 unit Uninterruptible Power Supply dan 6 unit gardu bergerak akan tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada supplai utama,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika, terutama yang terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik. Seperti di 6 lokasi tersebar, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga TV compound.

“Saat ini, proses persiapan dan penyambungan (aliran listrik) sedang dikerjakan oleh tim di lapangan,” ujarnya.

Lasiran menambahkan, di sisi pembangkitan, PLN juga memastikan bahwa kondisi sistem dalam status normal.
“Saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok adalah 264 Mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit adalah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yang masih dapat digunakan oleh masyarakat,” rinciannya.

Tak hanya kelistrikan di area sirkuit saja, PLN juga mempersiapkan keandalan kelistrikan pada sejumlah fasilitas pendukung seperti hotel, masjid yang berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

“PLN juga telah menyiapkan personel dan juga peralatan pendukung yang akan siaga selama pelaksanaan MotoGP,” imbuhnya.(*)