Motor Ambulance Mutiara Pattimura Bantuan KSAD Selamatkan Jiwa Rakyat di Kepulauan Tanimbar

0

Koran Jurnal, Jakarta – Motor ambulance yang merupakan bantuan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. beberapa waktu yang lalu, mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Kepulauan Tanimbar, Saumlaki yang kesulitan akses transportasi dan komunikasi. Motor tersebut telah dimanfaatkan oleh Babinsa untuk mengevakuasi masyarakat yang sakit dan membutuhkan pertolongan segera ke Puskesmas terdekat pada Sabtu (30/04/2022)

Sebagimana telah diberitakan sebelumnya, saat kunjungan ke wilayah Kodam XVI/Ptm beberapa waktu yang lalu, Kasad memberikan bantuan berupa 5 unit  Motor  Ambulance untuk Kodim- Kodim jajaran Kodam XVI/ Pattimura.

Pemanfaatan motor ambulance tersebut juga sejalan dengan program yang dicanangkan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, yaitu “Mutiara Pattimura”, maka motor ambulance hadir untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat, utamanya soal pelayanan kesehatan di wilayah terpencil.

Saat menggelar kegiatan Bhakti Sosial, Kodim 1507/ Saumlaki, yang berada dibawah jajaran Korem 151/ Binaiya, mendapati warga yang karena kondisi usia dan sakitnya, sehingga harus dilakukan evakuasi agar segera mendapatkan pertolongan medis yang lebih baik. Dengan Motor Ambulance Bantuan KSAD, proses evakuasi tiga orang warga lansia yang sakit dapat dilakukan dengan lancar dan cepat  menuju ke puskesmas Tanimbar Selatan.

Ketiga warga yang dievakuasi tersebut adalah Ibu Leonila Bulurdity (83) yang mengalami sakit asam lambung kronis dan osteoporosis, Ibu Yuliana Laratmase (70) yang mengalami sakit hipertensi dan lambung kronis dan Ibu Yulia Titirloloby (69) yang menderita sakit asam urat, kolesterol tinggi dan pembengkakan kaki.

Dandim 1507/ Saumlaki, Letkol Inf Didik Teguh mengatakan, dengan adanya fasilitas motor Ambulance ini efektif untuk mengatasi kesulitan warga.

“Selama ini memang kami terkendala dengan tidak adanya sarana yang dapat digunakan untuk mengevakuasi warga, bila terpaksa harus sewa mobil tanpa fasilitas medis di dalamnya menuju ke Puskesmas yang jauh letaknya,” terang Dandim.

Salah satu anggota keluarga dari ibu Leonila, merasa terharu dan sangat berterimakasih atas tersedianya motor ambulance yang sangat membantu tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak KSAD, dengan adanya  motor ambulance Mutiara Pattimura sangat membantu keluarga  Beta dan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semoga motor Ambulance ini dapat menolong dan menyelamatkan banyak orang di sini,” ucapnya.(pen)