Danpushidrosal Inspeksi Opssurta KRI Spica-934 di Semarang 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat melakukan inspeksi KRI Spica-934 yang bersandar di Dermaga Samudera 2 Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Rabu (3/8/2022).

Inspeksi ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi (Opssurta Hidros) yang sedang dilaksanakan KRI Spica-934 di perairan Laut Jawa segmen 10 dan agar metode pelaksanaan survei sesuai dengan standar IHO (International Hydrographic Organization).

Pada kesempatan tersebut, Danpushidrosal menerima Paparan dari Komandan KRI Spica-934 Letkol Laut (P) Indragiri tentang perkembangan pelaksanaan survei, terutama terkait dengan hasil pengumpulan dan pengolahan data yang sudah dilaksanakan.

KRI Spica-934, kapal Bantu Hidro-oseanografi (BHO) TNI AL saat ini tengah melaksanakan operasi survei dan pemetaan (opssurta) di perairan Laut Jawa segmen 10 dalam rangka mengumpulkan data kelautan guna pemutakhiran Peta Laut Indonesia (PLI) di perairan Laut Jawa untuk kepentingan keselamatan pelayaran dan kepentingan pertahanan.

Berbagai kegiatan dilaksanakan di antaranya pengukuran kedalaman laut (batimetri), investigasi bahaya pelayaran, verifikasi SBNP (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran), pencitraan dasar laut dengan menggunakan side scan sonar, pengukuran pasang surut air laut. Selain itu, juga dilaksanakan pengukuran arus dan gelombang laut, pengukuran sedimentasi, serta pengambilan contoh dasar dan air laut.(disp)