Pimpin Tabur Bunga 10 November, KSAL: Generasi Muda Wajib Teladani Perjuangan Para Pahlawan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan tema peringatan Hari Pahlawan “Pahlawanku Teladanku” memiliki makna mendalam bagi para generasi penerus bangsa.

“Ini makna yang sangat mendalam bagi kita semuanya generasi penerus, dimana dengan keteladanan para pendahulu kita, para pahlawan kita, para pejuang-pejuang bangsa yang memiliki keikhlasan, keberanian dan juga jiwa pantang menyerah dalam berjuang merebut kemerdekaan NKRI,” kata Laksamana Yudo Margono, di atas KRI Semarang 594.

Hal tersebut disampaikan Laksamana TNI Yudo Margono dihadapan awak media saat memimpin upacara tabur bunga Peringatan Hari Pahlawan ke – 77 tahun 2022 yang digelar TNI AL bersama Kementerian Sosial (Kemensos) dalam pelayaran dari dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menuju Pulau Damar Kepulauan Seribu, Kamis (10/11/2022).

Peringatan Hari Pahlawan ini melibatkan sekitar 400 perwakilan dari TNI/Polri, dan sejumlah kementerian lembaga pemerintah. Upacara Tabur Bunga di laut merupakan bagian dari upaya mengenang jasa-jasa para pahlawan, khususnya para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di laut.

Menurut Kasal, para generasi penerus wajib meneladani apa yang sudah diwariskan para pejuang bangsa yang terdahulu. “Perjuangan itu dilakukan untuk kemajuan, kemakmuran, dan keamanan Republik Indonesia” tegasnya. Hal itu untuk membuktikan jasa pahlawan yang telah memberikan suri tauladan, tidak hanya kepada diri sendiri dan keluarga juga bangsa, serta kemerdekaan yang dinikmati ini diraih dengan penuh perjuangan.

Upacara yang berlangsung di KRI Semarang 594 ini diberangkatkan dari dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan bersamaan dengan bunyi gauk KRI Semarang-594 dan diakhiri dengan tabur bunga. Upacara lalu ditutup dengan pelarungan karangan bunga oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Lalu pembacaan doa serta menaburkan bunga di Kepulauan Seribu oleh para peserta upacara.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama menambahkan tujuan peringatan hari pahlawan ini untuk mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan setelah merdeka dan meningkatkan rasa semangat dan menggugah rasa cinta terhadap Tanah Air.

“Oleh karenanya kita tidak boleh lengah jadi dalam memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November, semangat untuk menumbuhkembangkan jiwa kepahlawanan harus terus kita lakukan,” ujarnya.(disp)