Tanggap Darurat Erupsi Semeru, TNI AU Kirim Bantuan ke Lumajang

0

Koran Jurnal, Jakarta – Merespon bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, TNI AU bergerak cepat. Respon TNI AU diwujudkan dengan pengiriman bantuan logistik kebutuhan sehari-hari yang diperlukan masyarakat terdampak erupsi Semeru.

Bantuan logistik TNI AU telah diberangkatkan secara simbolis oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo S.E., M.P.P., CSFA., dan didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/12/2022).

KSAU menyatakan ikut prihatin atas musibah erupsi gunung Semeru. KSAU berharap masyarakat yang terdampak erupsi diberikan ketabahan dalam memghadapi musibah.

“Saya ikut prihatin atas kejadian bencana alam ini, semoga saudara-saudara kita di sana tabah dan dapat menerima keadaan ini,” ucap KSAU.

KSAU menambahkan, bantuan logistik sebanyak 6,2 ton lebih berupa makanan siap saji dan sejumlah kebutuhan harian lain, diangkut menggunakan pesawat CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Selanjutnya ke daerah terdampak diangkut menggunakan kendaraan darat.

Bantuan yang didistribusikan, meliputi Susu balita, Energen, Kopi, mie instant, sarung, peralatan mandi, handuk, sajadah, daster, kasur gulung, dan beras. Bantuan didistribusikan kepada masyarakat terdampak erupsi Semeru, di poskotis pengungsi desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang Jawa Timur.

Pengiriman bantuan dan penanganan masyarakat oleh TNI AU juga melibatkan 60 personel Lanud Abdulrachman Saleh Malang, ke lokasi yang dipimpin Kadispotdirga. TNI AU juga masih menyiagakan dua pleton prajurit di Lanud Abdulrachman Saleh.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI A.P. Damanik, dan pejabat TNI AU lainnya.(disp)