Wingday Sekbang TNI AU, KSAU Lantik 36 Penerbang Muda

0

Koran Jurnal, Yogyakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., melantik 36 Perwira Penerbang Muda TNI AU, dalam upacara Wingday Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU, di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (02/05/2023).

Para wisudawan terdiri dari 30 perwira penerbang lulusan Sekbang TNI AU A-102 dan enam perwira penerbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) A-5.

Dalam sambutan, Kasau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan Sekbang dengan hasil yang baik.

“Selaku pimpinan TNI AU, saya mengucapkan selamat kepada 36 perwira wisudawan, atas tuntasnya pendidikan Sekolah Penerbang ini, dengan hasil yang sesuai harapan kita bersama,” ujar KSAU.

Secara khusus, ucapan selamat disampaikan Kasau kepada tiga wisudawan terbaik tiap-tiap jurusan. Wisudawan terbaik jurusan Fixed Wing diraih oleh Letda Pnb Tegar Adjie Pamungkas, S.Tr (Han), jurusan Rotary Wing oleh Letda Pnb Bagus Satrioaji, S.Tr (Han) dan jurusan PTTA diraih oleh Letda Pnb Akbar Fitraditya Priyono, S.Tr (Han).

“Para wisudawan telah mencapai sebuah prestasi yang luar biasa, dengan menyelesaikan Sekolah Penerbang, dan ini siap untuk memulai karier sebagai seorang pengawal dirgantara,” ungkap KSAU.

KSAU berharap momen Wingday dijadikan sebagai gerbang awal pengabdian untuk menjawab panggilan tugas yang sesungguhnya, melalui skadron-skadron udara di seluruh penjuru tanah air.

Kepada seluruh penerbang muda, KSAU mengingatkan, bahwa Wingday bukanlah tujuan akhir dan juga akan menghadapi berbagai konsekuensi profesi yang menanti di setiap langkah pengabdian.

“Utamanya adalah, tuntutan untuk menjadi penerbang profesional, yang mampu memenuhi berbagai kualifikasi ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan organisasi,” harap KSAU.

KSAU merasa bangga, karena Wingday saat ini meluluskan para Penerbang Muda yang memulai pendidikan sekolah penerbang sejak masih ber-status sebagai Taruna Akademi Angkatan Udara. Kasau menilai para wisudawan telah menunjukkan komitmen dan ketekunan selama belajar dan berlatih.

Hadir pada Wingday para pejabat Forkopimda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, para pejabat utama TNI AU dan orang tua wisudawan.(disp)