Helikopter Bell 412 TNI AD Jatuh di Kampung Boyongbong Jabar, Kadispenad: Pilot dan Kru Selamat

0

Koran Jurnal, Bandung – Helikopter milik TNI AD mengalami kecelakaan dan jatuh di kawasan Kampung Boyongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023). Peristiwa itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari.

“Betul, sekitar jam 13.30 WIB tadi di kampung Bayongbong Utara, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali. Terjadi kecelakaan helikopter Bell 412 milik TNI AD yang digunakan dalam rangka mendukung latihan,” kata Hamim, saat dikonfirmasi, Minggu (28/5/2023).

Dari informasi yang didapat jumlah penumpang yang ada di helikopter tersebut sebanyak 5 orang terdiri dari pilot dan kru. Hamim menyebut, pilot dan kru dalam kondisi selamat.

“Pilot dan kru, Alhamdulillah dalam keadaan selamat, namun mengalami luka-luka benturan akibat mendarat darurat,” terangnya.

“Awalnya (Pilot dan kru) dievakuasi di RS Soreang, kemudian dievakuasi lagi ke RS Dustira (Cimahi) untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan lebih lanjut,” tambah Hamim.

Dispenad melalui siaran persnya Minggu, 28 Mei 2023 menyampaikan bahwa Helikopter Bel 412 milik TNI AD dioperasionalkan oleh Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) dalam latihan pra tugas, baik dalam mobilisasi udara maupun dukungan logistik.

Terkait kronologis dan penyebab jatuhnya heli, Dispenad menyatakan, hingga saat ini masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang, dan TNI AD telah mengirimkan tim investigasi untuk menangani kasus kecelakaan helikopter tersebut.(*)