Inilah Pemenang dan Peraih Penghargaan KSAU Awards 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Udara mengumumkan pemenang dan peraih penghargaan ajang ‘KSAU Awards 2023’ di Gedung Balai Prajurit Ardhya Loka, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023).

Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasau, Marsekal Madya (Marsdya) TNI Agustinus Gustaf Brugman, dan perwira pejabat di lingkungan TNI AU. Serta turut hadir, Ketua Dewan Pers, Dr. Ninik Rahayu, para pimpinan redaksi media massa nasional dan sejumlah tamu undangan.

KSAU Awards 2023 adalah ajang penghargaan sebagai wujud apresiasi TNI Angkatan Udara kepada jurnalis nasional dan masyarakat umum, yang secara aktif memberikan kontribusi nyata dalam membangun opini dan citra positif TNI Angkatan Udara.

Adapun tema KSAU Awards 2023, yakni “TNI AU Sebagai Patriot NKRI yang Disegani di Kawasan”, mengandung filosofi bahwa sebagai patriot bangsa, TNI AU tidak bisa berjuang sendiri untuk menjadi Angkatan Udara yang disegani.

“Kami juga membutuhkan dukungan dan peran serta berbagai elemen bangsa, termasuk dari rekan-rekan media dan masyarakat umum, untuk memberikan gambaran tentang tugas dan peran TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Indonesia dan juga kepada dunia,” kata KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dalam sambutannya.

Disebutkan KSAU, sekitar 380 karya jurnalistik mengikuti ajang KSAU Awards pada tahun ini.

“Ini sebuah peningkatan yang sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya,” jelas Marsekal Fadjar Prasetyo.

Untuk itu, KSAU mengapresiasi keikutsertaan para insan pers nasional dan masyarakat umum dalam ikut membangun citra TNI AU.

“TNI AU dan saya turut bangga kepada insan pers nasional maupun netizen, yang selama ini telah berkontribusi dalam membangun citra TNI AU. Apalagi di era digital saat ini, peran media dan warganet sangat berpengaruh dalam pembentukan citra lembaga,” ungkap KSAU.

“Setiap karya yang dihasilkan, baik berupa tulisan maupun foto dan video yang membahas mulai dari isu strategis hingga isu humanis, seluruhnya adalah kontribusi yang sangat berharga dalam membangun citra positif TNI Angkatan Udara,” lugas KSAU menambahkan.

Marsekal Fadjar Prasetyo berharap, semoga hal tersebut mendorong TNI AU untuk tumbuh semakin profesional dan semakin dicintai rakyat Indonesia.

Di akhir sambutan, KSAU mengajak hadirin dan undangan untuk terus memajukan kedirgantaraan Indonesia. Luasnya Angkasa Indonesia adalah potensi kekayaan bangsa, dan tentunya adalah kedaulatan yang harus kita lindungi bersama.

“Mari kita tanamkan kepada generasi penerus bangsa, kepada anak cucu kita, bahwa segenap tumpah darah Indonesia harus peduli dan mencintai tanah airnya, dan juga peduli serta bangga dengan angkasa luas yang membentang di atasnya,” ucap KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sekedar diketahui, penjurian ajang Kasau Awards 2023 dilakukan oleh para ahli di bidang jurnalistik. Di antaranya Dr. Dadang Hidayat., M.Si. (Dekan Fikom Unpad), Dr. Ninik Rahayu (Ketua Dewan Pers), Ade P. Marbun (Kantor Berita Antara) Dr. Gun Gun Heriyanto (Akademisi), dan Eduard Lukman (Praktisi Media).

Inilah Daftar Pemenang dan Peraih Penghargaan KSAU Awards 2023 dari masing-masing katagori:

Kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online
Juara 1: Erik Purnama Putra dari republika.co.id
Juara 2: Nirmala Maulana Ahmad dari kompas.com
Juara 3: Mirza dari tanggerangonline.com

Kategori Artikel Isu Humanis
Juara 1: Nikolaus Harbowo dari Harian Kompas
Juara 2: Ramadhian Fadilah Prayitno dari merdeka.com
Juara 3: Achmad Fikyansyah dari timesindonesia.co.id

Kategori News TV
Juara 1: Iwan Hermawan dari CNN Indonesia
Juara 2: Moh Reza Ramadhansyah dari SCTV
Juara 3: Ryan Rahman dari iNews TV

Kategori Feature Media Televisi
Juara 1: Victor Hitler Siagian dari Kompas TV
Juara 2: Iwan Hermawan dari CNN Indonesia
Juara 3: Rifky Winbastian dari Trans7

Kategori Foto Jurnalistik
Juara 1: Arief Firmansyah dari Antara Foto
Juara 2: Ferganata Indra Riatmoko dari Harian Kompas
Juara 3: Iqbal Septian Nugroho dari merdeka.com

Kategori Foto Umum
Juara 1: Danny Nurris dengan judul “Tim Bravo Bergerak Cepat, Senyap, dan Tepat”
Juara 2: Hilarryo Oscar dengan judul “Flypass Di Atas Ibu Kota”
Juara 3: Eko Budi Raharjo dengan judul “TNI AU Selalu Siap Menjaga NKRI di Segala Situasi”

Kategori Video Masyarakat Umum
Juara 1:  M. Ridho dengan judul “TNI AU yang Disegani di Kawasan”
Juara 2: Adnan Nawawi dengan judul “Ajang Apresiasi TNI AU: Bravo TNI AU”.(*)