KRI Bung Karno-369 Resmi Perkuat Armada TNI AL, Megawati Soekarnoputri: Buat Saya dan Keluarga Besar sebuah Kebanggaan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mendampingi Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri meresmikan pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 sebagai kapal perang jenis Korvet yang akan memperkuat jajaran armada TNI AL.

“Pada hari ini Kamis 1 Juni 2023, dengan ini KRI Bung Karno dengan nomor 369 saya resmikan untuk jajaran TNI Angkatan Laut,” kata Megawati Soekarnoputri, dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta pemecahan kendi, di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Peresmian yang digelar bertepatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni itu turut disaksikan Putra-Putri Keluarga Besar Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno, yaitu Guntur Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, serta kedua anak Megawati Soekarnoputri, Rizki Pratama (Mas Tatam) dan Puan Maharani (Ketua DPR RI).

Megawati Soekarnoputri mengatakan, peresmian KRI Bung Karno-369 menjadi sebuah kebanggaan bagi Keluarga Besar Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno. Putri bapak Proklamator RI ini juga mengaku tak menyangka TNI AL memberi nama ayahnya (Bung Karno) pada sebuah KRI.

“Saya sebetulnya tidak menyangka, maksudnya TNI Angkatan Laut akan memberikan nama (KRI) kepada Presiden Pertama Doktor Ir. Soekarno. Jadi buat saya dan keluarga besar sebuah kebanggaan,” ujar Megawati dalam sambutannya sebelum peresmian.

Adapun penamaan KRI Bung Karno diharapkan dapat meneladani kebulatan tekad dan kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menjaga kedaulatan negara.

Kapal korvet Bung Karno-369 hadir untuk memperkuat armada TNI AL yang akan dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan operasi militer untuk perang (OMP), serta mendukung operasi militer selain perang (OMSP). Selain itu, korvet baru ini akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun.

Kapal ini dibangun oleh PT Karimun Anugrah Sejati, Batam. KRI buatan anak bangsa ini akan dipersenjatai dengan satu meriam leonardo 40 Mm, dua senapan mesin berat 20 Mm, dan dua peluncur rudal permukaan ke udara. KRI Bung Karno akan dilengkapi dengan torpedo dan sonar, serta dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo.

Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan upacara pengukuhan Komandan KRI Bung Karno-369 oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Yakni Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo menjadi Komandan KRI Bung Karno-369 yang pertama.