Pangkoopsud I Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Markas Koopsud I

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima Koops Udara (Pangkoopsud) I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Makoopsud I. Dihadiri oleh Ir Koopsud I, Para Asisten, Kepala Satuan Kerja, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I, Kamis (1/6/2023).

Dalam sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Pangkoopsud I menjelaskan bahwa, “Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat” ujar Panglima TNI.

“Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Panglima TNI lebih lanjut.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.” “Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa,” jelas Panglima TNI.

Menutup sambutannya Panglima TNI berpesan kepada para prajurit sekalian, “Agar selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila karena TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Terlebih saat ini tahapan Pemilu serentak telah dimulai, untuk itu saya perintahkan kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI!, Selain itu kalian semua harus jadi perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan dan jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya” tegas Panglima TNI.(pen)