Altar 89 Gelar Baksos di Grobogan Jateng

0

Koran Jurnal, Grobogan – Alumni Taruna Akabri lulusan 1989 (Altar 89) yang terdiri dari Akmil, AAL, AAU, dan Akpol melakukan aksi bakti sosial (baksos). Acara yang digelar sebagai bentuk pengabdian ini berlangsung di Ponpes Mazroatul Huda, Bugel, Godong, Grobogan pada Sabtu (6/7/2024).

Hadir dalam bakti sosial Altar 89 adalah KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Waka Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Adyawan Martono, Ketua Altar 89 Letjend TNI Marinir Nur Alamsyah, para Ketua Angkatan Alumni Taruna 1989 dari TNI AD, AL, AU dan Kepolisian, para Altar 89, Forkopimda Grobogan, Forkopimda Demak dan ribuan masyarakat.

Baksos Altar 89 diawali dengan doa dipimpin KH. Mohammad Magfuri yang merupakan pimpinan pondok pesantren, acara dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako yang dilakukan secara simbolis oleh Altar 89.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini menginspirasi para alumni Taruna yang lain yang telah memberikan sumbangsih dukungan dan bantuan bencana alam banjir yang sempat terjadi di Kabupaten Grobogan pada awal tahun 2024 ini.

Bupati Grobogan juga menyampaikan terimakasih kepada para Altar 89 baik dari TNI maupun Polri yang bergerak langsung untuk turun melakukan aksi sosial.

“Ini bukan sekedar acara reuni, tapi benar-benar menjadi kegiatan yang bermanfaat dan dapat dirasakan masyarakat. Dan ini bisa menjadi inspirasi untuk generasi selanjutnya,” ujar Bupati Grobogan.

“Terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya pada Altar 89. Semoga aksi yang dilakukan angkatan 89 ini, bukan hanya sekedar bakti sosial. Namun, harapannya sekaligus dapat membantu percepatan pembangunan dan pertanian di Negeri ini.,” imbuh Bupati Grobogan.

Sementara itu, KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan bahwa selain bakti sosial, dalam acara itu juga dilakukan bakti kesehatan berupa donor darah, khitanan massal serta pengobatan gratis.

“Kegiatan bakti sosial dengan aksi kesehatan dilokasi ini sudah dilaksanakan dari kemarin” kata KASAL.

Kemudian para Alumni Tidar 89 tersebut, juga memberikan bantuan untuk pembangunan pondok pesantren.

“Harapannya, kegiatan ini akan banyak bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Grobogan,” tandas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Untuk diketahui, dalam acara itu Altar 89 membagikan sembako sebanyak 10 ribu paket. Sedangkan bakti kesehatan, untuk donor darah diikuti 74 orang, khitan massal 66 orang, layanan pemeriksaan kesehatan umum diikuti 867 orang, poli gigi diikuti 42 orang dan pencegahan stunting dihadiri oleh 59 orang.

Ditempat terpisah, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan bahwa kegiatan alumni Akabri 89 ini merupakan aksi solidaritas sosial sebagai wujud pengabdian, kepedulian dan gotong royong kepada warga masyarakat yang sudah dilaksanakan sebelum Covid terjadi hingga sekarang yang dilaksanakan oleh Alumni Taruna tahun 1989 dimanapun bertugas di Indonesia.

“Baksos Akabri 89 ini juga sebagai tindak lanjut arahan dari Panglima TNI dan Kapolri,” tandas Wakapolri.(**)