Posmat Marunda Lantamal III Berhasil Evakuasi Nelayan Tenggelam di Perairan Kalibaru

0

Koranjurnal.co.id, Jakarta – Posmat Marunda Lantamal III Jakarta berhasil menemukan dan mengevakuasi ABK KM Adi Jaya 01 yang tenggelam di sekitar perairan Kalibaru.

Kejadian bermula pada saat 4 nelayan KM Adi Baru 01 melaut mencari ikan di perairan kalibaru pada malam hari pukul 20.00 wib. Namun tiba-tiba datang gelombang tinggi dan angin kencang yang menyebabkan perahu nelayan tersebut terbalik. Hal ini menyebabkan seluruh nelayan melompat kelaut dan berenang menuju ke pantai Marunda untuk mencari pertolongan.

Disaat bersamaan terdapat Kapal TB Satria Samudera 11 yang sedang berlayar disekitar perairan Marunda melihat ada 4 orang sedang mengapung-mengapung sambil melambaikan tangan memberi tanda meminta pertolongan. Selanjutnya 4 nelayan tersebut berhasil diselamatkan keatas kapal dalam keadaan aman.

Selanjutnya kru TB Satria Samudera 11 menghubungi Posmat Marunda melalui radio komunikasi untuk membantu proses evakuasi lanjutan. Namun dikarenakan malam itu kondisi cuaca dilaut ombak masih tinggi dan angin kencang maka para nelayan masih berada diatas kapal.

Kamis 11 Januari 2018 pagi setelah cuaca membaik, maka Patkamla II-3-17 Marunda yang telah menerima laporan segera bergerak cepat mendekat menuju posisi TB Satria Samudera 11 untuk melaksanakan evakuasi lanjutan 4 nelayan tersebut. Proses evakuasi lanjutan berjalan dengan aman dan lancar. Selanjutnya ke-4 nelayan tersebut dibawa ke Posmat Marunda untuk dilaksanakan pengecekan kesehatan dan selanjutnya diijinkan pulang.(red/Disp)