Jakarta Raih 4 Katagori Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik 2019

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI memberikan anugrah Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) kepada beberapa kepala daerah yang berprestasi dalam pencapaian pembangunan ketenagakerjaan di masing-masing daerah. Salah satu pemerintahan daerah penerima anugerah IPK yakni kepala daerah atau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2019. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang berprestasi dalam pencapaian pembangunan ketenagakerjaan di DKI Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri, kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemda DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan, dan membawa pulang empat penghargaan sekaligus.

Keempat penghargaan itu, antara lain Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Kedua berdasarkan pada perbandingan dan beban kerja Pemerintah Daerah Bidang Ketenagakerjaan Kategori Sedang, Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik di Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja, Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik di Indikator Utama Kesempatan Kerja, dan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Menurut Gubernur Anies, penghargaan yang diraih Pemprov DKI Jakarta terlepas dari kerja seluruh jajaran, khusus Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta yang membuat terobosan-terobosan, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Saya menyampaikan penghargaan kepada seluruh jajaran, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah bekerja keras membuat terobosan dan mencapai semua indikator utama dalam penghargaan ini,” ungkap Gubernur Anies, dalam acara penganugerahan IPK 2019, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Kendati demikian, Gubernur Anies tetap ingat untuk jajaran agar penghargaan yang diterima dimaknai sebagai komitmen untuk terus membuat dosan di bidang ketenagakerjaan di Jakarta.

“Saya senang sekali bekerja keras semua dan mari kita jaga sama-sama (terus berinovasi), jadi prestasi ini bisa terus meningkat di hari selanjutnya,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, menyatakan penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan merupakan bentuk apresiasi.

“Indeks Ketenagakerjaan adalah alat ukur keberhasilan kepemimpinan di daerah, bagaimana kepemimpinan daerah menyediakan lapangan kerja dan mengelola para tenaga kerja,” tandasnya.(red)