KSAU Luncurkan Filateli

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. meluncurkan ‘filateli’ berupa Sampul Peringatan (SP) Hari Bakti TNI AU, Souvenir Sheet (SS), dan Prangko Alutsista TNI AU di lapangan apel Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/07/2020).

Ditengah kemajuan teknologi yang serba digital dan berkembangnya dunia maya, TNI AU mencoba untuk menghidupkan kembali budaya leluhur berkarakter, seperti budaya menulis melalui filateli, sehingga dapat menghargai kembali material/fisik dan sejarah dibaliknya.

Menyambut Hari Bakti ke-73, TNI AU bekerja sama dengan Kemenkominfo dan PT. Pos Indonesia meluncurkan SP Hari Bakti dan SS berprangko khusus Alutsista TNI AU.

SP Hari Bakti yang diluncurkan sejumlah 4 jenis dengan 4 pesawat yang berbeda, yaitu Sukhoi SU-30 MK, C-130 Hercules, F-16 Fighting Falcon dan NAS-332 Super Puma. Menariknya, apabila SP digabungkan, akan membentuk logo TNI AU Swa Bhuwana Paksa.

Sedangkan untuk SS menampilkan pesawat Boeing 737-5U3 yang terbang di atas pantai Pelabuhan Ratu.

Berbeda dengan SP dan SS pada umumnya yang selalu menuliskan makna dari gambar tersebut di balik amplop, SP dan SS TNI AU menyisipkan _QR Code_ . Apabila di _scan_ akan langsung terhubung dengan Wikipedia yang menjelaskan secara detail spesifikasi masing-masing pesawat.

Kegiatan peluncuran ini dilakukan setelah upacara peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU di lapangan apel Mabesau. Ditandai dengan penandatanganan SP Hari Bakti dan SS berprangko Alutsista oleh Kasau dan Direktur Pos Ditjen PPI Kemenkominfo, yang dampingi Wakasau, Kadispenau dan Direktur SDM PT. Pos Indonesia.(disp/red)