Pangdam Siliwangi Resmikan Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang

0

Koran Jurnal, Pandeglang – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melaunching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang, di Dermaga Nelayan Carita, Kabupaten Pandeglang, Jum’at (06/11/2020).

Dalam sambutannya, Pangdam III/Siliwangi Nugroho Budi Wiryanto menyampaikan, pembuatan Kapal Ferrocement merupakan upaya yang dilakukan Korem 064/MY khususnya di wilayah Kodim 0601/Pandeglang, untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok Nelayan dalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan.

“Kami merasa bangga kepada para Babinsa jajaran korem 064 Maulana Yusuf, yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan Satu Ferrocement dengan menggunakan bahan beton bertulang yang terbuat dari campuran semen air pasir dan rangka dengan ukuran 10 M x 3 M. Dengan biaya 17.150.000,-, yang diselesaikan dalam waktu 21 hari. Sementara, Satu unit lagi masih dalam proses pembuatan dan saat ini mencapai 80%,” terang Mayjen TNI. Nugroho Budi.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto berharap, Kapal yang dibuat oleh anggota Kodim 0601/Pandeglang ini bisa membantu para nelayan meningkatkan kesejahteraan.

Turut hadir dalam acara launching, Kapolda Banten Irjen Pol. Drs. Fiandar dan sejumlah pejabat terkait.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Banten Irjen Pol. Drs. Fiandar menyampaikan apresiasi atas penyelesaian dan launching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang.

“Hari ini kita menyaksikan Launching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang, Kapal ini merupakan kapal ferrocement yang luar biasa sangat bagus dan bermanfaat untuk para nelayan, dengan proses pembuatan 21 hari berukuran 10 M x 3 M bobot berat 3 ton dapat memuat daya 2 ton dan menggunakan mesin diesel kubota 5GT,” kata Irjen Fiandar.

Fiandar juga berharap, bahwasannya Kapal ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Kapal Ini dapat membantu masyarakat, karena kapal ini dapat membantu nelayan untuk mencari ikan dan kebutuhan hidup, pasti bisa untuk mensejahterakan masyarakat,” harap Irjen Fiandar.

Ditempat sama, Danrem 064/MY Brigjen TNI. Gumuruh Winardjatmiko melalui Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi menjelaskan, bahwa Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang merupakan Kapal Ferrocement yang berukuran 10M x 3M dengan proses pembuatan 21 hari, dengan bobot berat 3 Ton dan daya muat 2 Ton, menggunakan mesin diesel kubota 5GT dengan biaya pembuatan sekitar Rp 17.150.000,-

“Pembuatan kapal ini Dalam rangka menyiapkan Kampung nelayan yang tangguh untuk kepentingan di pesisir pantai dan membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menetapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” jelas Letkol Kav Dedi Setiadi.

Acara peresmian kapal dilanjutkan dengan mencoba keliling menggunakan Kapal Babinsa Merah Putih di Dermaga Laut Carita.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi, Para dandim jajaran Korem 064 Maulana Yusuf, beserta Pejabat Utama Korem 064 Maulana Yusuf, Forkopimda Provinsi Banten, Forkopimda Kabupaten Pandeglang, dan perusahaan yang telah membantu penyelesaian kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang ini.(pen/red)