TNI Angkatan Udara Bantu Pemerintah Tekan Laju Penyebaran Covid-19

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pandemi COVID-19 masih menjadi salah satu ancaman terbesar hingga saat ini. Grafik pertumbuhan kasus positif masih terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir, namun TNI AU akan terus melaksanakan berbagai upaya untuk menekan pandemi ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat membuka Apel Komandan Satuan Tahun 2020 melalui Virtual, di ruang Puskodal Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Senin (09/11/2020).

Kasau menjelaskan, sebagai upaya pencegahan dini telah disediakan diantaranya fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk berbagai satuan TNI di seluruh Indonesia seperti di RUSPAU dan beberapa RS Angkatan Udara lainnya, dan juga dalam waktu dekat akan disiapkan beberapa fasilitas PCR untuk seluruh satuan yang memiliki Skadron Udara, dan satuan-satuan kecil lainnya.

Dalam kesempatan ini KSAU menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Komandan satuan atas dedikasi dan kerja keras, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 namun program kerja dapat terlaksana dengan baik, ucapan yang sama disampaikan kepada para tenaga kesehatan TNI AU yang terlibat langsung dalam penanganan covid-19, tetap semangat dan jaga kesehatan.

Kasau juga menghimbau kepada para Komandan Satuan agar selalu disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan di satuannya serta tetap melaksanakan upaya pencegahan dini secara berkala, sehingga tugas-tugas TNI AU dapat terlaksana dengan aman dan selamat serta tetaplah berinovasi demi kemajuan TNI AU.

“Seperti saat ini informasi tumbuh semakin dinamis dan banyaknya teknologi disruptif yang muncul dibidang pertahanan, diperlukan kesiapan yang matang, perencanaan yang terukur dan sistematis, serta sinergisitas dan soliditas yang tangguh disetiap unsur TNI AU untuk menjawab segala bentuk ancaman dan tantangan saat ini,” jelas KSAU.

Dibagian lain, Kasau juga menekankan kepada para Komandan satuan dan Ka Satker agar lebih memperhatikan kondisi anggota beserta keluarganya, apabila ditemukan permasalahan baik internal maupun eksternal dapat diselesaikan dengan baik, sehingga tidak terjadi pelanggaran disiplin. Selain itu tekankan kepada bawahan untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Hadir mendampingi Kasau pada acara tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S., Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, serta para KaBalakpus dan Komandan Satuan melalui media daring.(disp/red)