41 Penerbang Muda Alumni Sekbang A-98 Resmi Dilantik

0

Koran Jurnal, Yogyakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAL) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, M.P.P., secara resmi melantik 41 penerbang muda lulusan Sekolah Penerbang A-98 Terpadu terdiri dari 39 penerbang TNI AU, 1 penerbang TNI AL , 1 penerbang dari TUDM bertempat di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (04/08/2021).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa upacara Wing Day bukanlah akhir, namun merupakan gerbang awal pengabdian selanjutnya yang akan berhadapan dengan bidang kerja yang semakin kompleks serta tantangan tugas yang semakin berat, sebagai salah satu konsekuensi dari lompatan teknologi yang begitu pesat serta perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis.

Hal terpenting yang harus terus dikembangkan adalah airmanship yang menjadi landasan bertindak setiap airman. Prinsipnya, airmanship adalah judgement yang lahir dari situational awareness yang tinggi. Untuk mencapai hal tersebut dengan optimal, tidak ada jalan lain kecuali melalui kepemilikian pilar ilmu pengetahuan yang mumpuni serta fondasi kedisiplinan, kemampuan, dan keahlian yang kuat dan terus diasah sepanjang waktu.

Selain itu Kasau juga mengingatkan kepada para wisudawan Sekbang Terpadu Angkatan ke-98 bahwa tantangan di era informasi ini telah semakin kompleks dan akan terus berubah secara dinamis.

“Teruslah mawas diri dan semakin giat dalam mengisi dan mengembangkan kemampuan diri, dengan pengetahuan dan wawasan yang relevan dengan kebutuhan tugas kalian. Senantiasa tingkatkan kemampuan literasi serta tanamkan prinsip untuk terus belajar sepanjang hayat”, tegasnya.

Upacara Wingday digelar sederhana dengan menerapkan protokol pandemi Covid 19 yang ketat dan dihadiri oleh Dankodiklatau, Waaspers Panglima TNI, Aspers Kasal, Danpuspenerbal, para pejabat jajaran Kodiklat TNI, Para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Gubernur AAU, para pejabat TNI Angkatan Udara serta pejabat lainnya.

Upacara Wingday juga dimeriahkan dengan pemasangan wing oleh para pejabat yang hadir, acara tradisi passing out parade dan flypast bomburst dari Jupiter Aerobatic Team.

Berhasil menjadi lulusan terbaik dan mendapatkan Trofi adalah Letda Pnb Arya Wisnu Wardhana, S. Tr. Han dari Jurusan Fixed Wing. Lahir di Cianjur, 8 Agustus 1996, Putra dari Bapak Damar Teguh S (TNI AD), serta Ibu Nina Faridawati. Sementara itu Letda Pnb Givana Patriot S. S.Tr. Han peraih lulusan terbaik dari Jurusan Rotary Wing adalah kelahiran Sidikalang 16 April 1995, adalah putra dari Bapak Polmer Jhon Raymond Simorangkir (Purn TNI AD) dan ibu Riwayeti.

Selain itu Sekbang A- 98 Terpadu juga meluluskan 2 penerbang Wanita atas nama Letda Pnb Lucky Napitupulu dan Letda Laut (Pelaut) Michelle Anggraini (TNI AL).

Secara keseluruhan para penerbang muda TNI AU ini akan masuk ke satuan operasional dengan jurusan pesawat tempur sejumlah 13 orang, pesawat angkut/transport sejumlah 16 orang dan pesawat helikopter sejumlah 10 orang.(disp/red)