Komandan Pushidros TNI AL Lepas Keberangkatan Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” Etape I

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P melepas keberangkatan Tim peneliti Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” Etape I di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Sabtu (07/08/2021).

Adapun Tim peneliti untuk etape I tersebut di antaranya Letkol Laut (KH) Dikdik Satria Mulyadi, MT (Pushidrosal), Mayor Laut (P) Alin Abimanyu (Pushidrosal), Ir. Mustafa Hanafi, MSc (KEMESDM), Dr. Adi Purwandana (LIPI), Gabriella Alodia, S.T, M.Sc (ITB), Febrian Fitryanik Susanta, S.T., M.Eng.(UGM), Nada Geraldine, ST (Hidronav Tehnikatama) serta Stanislaus Ariyanto (PT. Hidronav Tehnikatama) dan 2 personel dari Dispenal.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” ini merupakan kegiatan penelitian kelautan di wilayah perairan Halmahera dan sekitarnya. Kegiatan ekspedisi ini memiliki nilai sangat strategis, sehingga besar harapannya dapat memberikan kontribusi bagi kepentingan peningkatan khazanah pengetahuan kelautan nasional dan hidrografi.

Para peneliti tersebut selanjutnya akan menuju Sorong untuk bergabung dengan KRI Spica-934 dalam rangka melaksanakan penelitian di Laut Halmahera dan sekitarnya etape I yakni dari tanggal 13 sampai dengan 23 Agustus 2021.

Pada akhir sambutannya Komandan Pushidrosal menekankan agar para peneliti dalam melaksanakan kegiatannya selalu memperhatikan keamanan personel dan material, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat saat ini masa pandemi covid-19 masih belum berakhir. Selanjutnya setelah tiba di sorong para peneliti tersebut akan melaksanakan karantina sebelum bergabung dengan KRI Spica 934.

Hadir Dalam acara tersebut antara lain, Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana S, M.Sc. dan segenap pejabat utama Pushidrosal. Sebelum mengakhiri acara dengan ramah tamah dan makan malam, Komandan Pushidrosal menyerahkan paket perlengkapan pendukung personel kepada peneliti secara simbolis.(disp/red)