TNI Angkatan Laut Dukung Serbuan Vaksinasi Massal di JI-EXPO Kemayoran

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI AL dalam hal ini Pushidrosal mendukung Serbuan Vaksinasi Massal Covid-19 yang kembali digelar oleh Pusat Kesehatan (Puskes) TNI bekerja sama dengan WALUBI (Perwakilan Umat Budha Indonesia) di Kawasan JI-EXPO Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (14/08/2021)

Serbuan vaksinasi kali ini sangat mengundang antusias masyarakat DKI dan sekitarnya untuk turut berdatangan ke lokasi dimana tempat vaksinasi digelar. Ribuan warga sudah antri berdatangan dari pagi pukul. 08.00 wib saat pendaftaran vaksinasi dibuka.

Kegiatan yang digelar kali ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu tanggal 14-15 Agustus 2021, yang selanjutnya akan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya oleh JI-EXPO bersama TNI. Sehingga percepatan program pemerintah yaitu untuk menekan angka penyebaran dan penularan Covid-19 dapat terlaksana, dan dapat meningkatkan imun masyarakat Indonesia sehingga perekonomian berangsur cepat menjadi stabil.

Untuk sasaran vaksinasi kali ini adalah warga masyarakat yang berusia antara 12 Tahun keatas hingga lansia berumur 60 Tahun. Dan jenis Vaksin kali ini yang diberikan adalah vaksin jenis Aztra Zeneca dan Sinovac untuk Dosis Pertama dan Kedua, disiapkan untuk sasaran 1500 orang perhari.

Letkol Muzamil dari Markas Besar TNI selaku Koordinator Lapangan (Korlap) Panitia Serbuan Vaksin (Servak) Jakarta menurunkan Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk pelaksanaan vaksinasi selama 2 hari ini berjumlah 108 personel yang terdiri dari Diskes Pushidrosal sebanyak 4 Personel, Skuadron Pendidikan (Skadik) 504 Halim Perdana Kusuma sebanyak 20 personel, dan Wisma Atlet sebanyak 80 Personel.

Beberapa sukarelawan juga membantu mengarahkan warga yang hadir untuk mengisi formulir pendaftaran dan dilakukan pendataan satu persatu, selanjutnya masuk keruang tunggu di Hall C untuk menjalani screening kesehatan dan langsung dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin serta pencetakan kartu vaksin.

Kegiatan berlangsung lancar tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak saat antri, menggunakan masker serta mencuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir.(disp/red)