Latopssurta Hidros TNI AL T.A 2022 Resmi Ditutup 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya Nurhidayat secara resmi menutup Latihan Operasi Survei dan Pemetaan (Latopssurta) Hidro-Oseanografi TA 2022 di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/I. Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (4/8/2022).

Latopssurta Hidros bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas pokok operasi TNI Angkatan Laut Khususnya sebagai lembaga Hidrografi Nasional.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dari tanggal 20 Juli 2022 hingga 01 Agustus 2022, dengan geladi posko dilaksanakan di Mako Pushidrosal, dengan Manuvra Lapangan (Manlap) di Perairan Kepulauan Seribu dan teluk Jakarta.

Dalam sambutannya Danpushidrosal mengatakan Latopssurta Hidros merupakan kelanjutan dari latihan yang telah dilaksanakan secara parsial oleh satker-satker jajaran Pushidrosal dan menjadi puncak dari program penyelenggaraan latihan kegiatan surta hidros.
Latopssurta Hidros adalah wujud nyata program pembinaan dan pengembangan kemampuan survey dan pemetaan hidros secara terus menerus dan berkesinambungan sehingga terwujud kesiapan operasi Pushidrosal yang senantiasa melaksanakan tugas operasi TNI AL baik OMP maupun OMSP.

“Latihan ini sekaligus menjadi ajang uji dan penilaian pelaksanaan tugas, peran dan fungsi serta tanggung jawab satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal, mulai dari tingkat perorangan sampai dengan tingkat satuan kerja yang terlibat dalam proses penyelenggaraan survey dan pemetaan hidros,” ujar orang nomor satu di Pushidrosal.

Latsurta yang telah dilaksanakan difokuskan pada prosedur penyelenggaraan surta hidros yang dilaksanakan secara terpadu antara unsur KRI, Unit Survei pesisir dan staf pendukung. Aspek penting yang menjadi sasaran latihan adalah terciptanya keandalan (Reliability), Kemampuan beradaptasi (Adabtability), Daya Tahan (Sustainbility), Sinergitas, prosedur mekanisme hubungan kerja yang baik (Interoperability) dalam penyelenggaraan Surta Hidros, sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasi, yang berdampak terhadap terwujudnya Lembaga Hidrografi Nasional yang prima (profesional, reliable, inovatif, modern dan akurat) dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Diakhir sambutannya, Danpushidrosal mengharapkan agar peserta sekalian dapat mengimplementasikan ilmu, sistem, metode, inovasi dan terobosan baru yang telah didapat selama latihan ke dalam penyelenggaraan lsurta hidros sebenarnya guna peningkatan dan pengembangan kemampuan surta hidros mendatang.

Hadir pada acara penutupan Latsurta Hidros TA 2021 antara lain Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouk, Pejabat Mabes TNI AL serta sejumlah Pejabat Utama Pushidrosal dan beberapa perwakilan Pelaku yang juga dilaksanakan secara Video Conference.(disp)